7 Persiapan Penting Sebelum Berwisata ke Pulau Tidung

Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan wisata Pulau Tidung yang memiliki pantai berpasir putih dan segudang aktivitas seru? Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi liburan pilihan warga ibu kota dan luar daerah.

Wisata populer yang ada di sisi selatan Kepulauan Seribu ini bisa jadi pilihan liburan akhir pekan bersama teman, pasangan, atau keluarga. Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan sebelum liburan.

Tips Wisata Pulau Tidung yang Perlu Diketahui

Sebelum berangkat ke tempat wisata, penting untuk mempersiapkan segalanya dengan baik. Persiapkan beberapa hal penting berikut agar kamu bisa menikmati liburan di Pulau Tidung dengan maksimal.

1. Bawa Perlengkapan Pribadi

Pertama, mempersiapkan perlengkapan yang perlu di bawa ke tempat wisata. Jika rencana liburan kamu adalah Pulau Tidung, maka wajib bawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan sunblock. Barang-barang ini penting untuk melindungi kamu dari terik panas.

Selain itu, perlengkapan seperti baju ganti atau pakaian renang juga bisa disiapkan jika kamu berencana melakukan snorkeling di Pulau Tidung. Supaya tidak bosan di perjalanan, kamu juga bisa bawa buku, headset atau yang lain.

Untuk berjaga-jaga dan biar lebih tenang, jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi. Misalnya obat masuk angin, obat anti mabok perjalanan, dan lain sebagainya. Obat-obatan perlu dibawa untuk berjaga-jaga mengingat wisata Pulau Tidung adalah tempat terbuka yang mana panas, hujan, dan angin bisa mengganggu kesehatan.

2. Siapkan Uang Cash

Persiapan penting lainnya adalah uang tunai atau cash. Tips wisata Pulau Tidung ini perlu diingat untuk kenyamananmu saat berwisata, meskipun di pulau tidung sudah tersedia ATM. Sebaiknya kamu tarik tunai sebelum menyeberang ke Pulau Tidung.

Bawa uang secukupnya saja dan di simpan di tempat yang aman. Kamu bisa bawa uang sedikit lebih banyak dari budget untuk persiapan jika mungkin kamu harus menginap lebih lama atau ada keperluan di luar itinerary liburan kamu.

3. Bawa Peralatan Foto

Tips penting agar wisata Pulau Tidung kamu tidak mengecewakan adalah menyiapkan kamera atau peralatan foto. Silakan bawa ponsel terbaik kamu atau kamera profesional untuk mengabadikan setiap momen dan perjalanan kamu di Pulau Tidung.

Cari dulu informasi mengenai spot selfie atau spot foto yang bagus di kawasan wisata ini. Minta teman atau rombongan lain untuk mengambil gambar kamu dengan di spot foto tersebut.

Baca juga: 10 Aktivitas Wajib Saat Berwisata ke Pulau Tidung

Bagi wisatawan yang menyukai pemandangan bawah laut juga bisa bawa kamera underwater, meskipun beberapa paket wisata sudah menyediakannya. Di kawasan Pulau Tidung ada beberapa spot snorkeling yang memiliki pemandangan cantik dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

4. Cari Waktu Yang Tepat

Seperti liburan ke wisata alam pada umumnya, waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat cuaca sedang cerah. Sebaiknya tidak berangkat saat musim hujan karena risiko hujan dan badai mungkin bisa menghambat perjalanan kamu.

Waktu terbaik untuk wisata Pulau Tidung adalah di bulan April-Oktober atau saat musim kemarau. Bulan-bulan tersebut biasanya jarang hujan sehingga lebih mudah untuk kamu mengeksplor semua tempat.

Terlebih jika rencana liburan kamu juga mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Tidung, seperti Pulau Pramuka dan Pulau Pari. Bulan Agustus-September bisa jadi waktu yang tepat jika kamu ingin menghindari peak season.

Di luar musim liburan ini biasanya harga homestay/penginapan dan paket wisata cenderung lebih murah. Jadi, kamu bisa menghemat budget liburan atau menggunakannya untuk keperluan lain.

Nah, buat kamu yang menginginkan liburan lebih seru bisa pilih waktu saat ada jadwal festival. Contohnya di bulan Juli yang biasanya diselenggarakan festival Seribu Island. Kamu bisa menikmati panggung musik, atraksi seni, bazar, dan lainnya di Pulau Tidung.

5. Ketahui Cara Menuju Pulau Tidung

Satu-satunya akses ke Pulau Tidung dari Kota Jakarta adalah melalui jalur laut. Artinya, kamu perlu menyeberang untuk bisa sampai ke tempat wisata tersebut.

Perlu diketahui bahwa ada tiga jenis kapal yang biasa digunakan wisatawan untuk menyeberang ke Pulau Tidung. Sebagai salah satu persiapan ke Pulau Tidung, kamu bisa pilih beberapa jenis penyeberangan seperti berikut.

Kapal Ferry Kayu

Penyeberangan dapat dilakukan menggunakan kapal Ferry kayu. Kapal ini biasanya dapat mengangkut wisatawan sekitar 200 orang untuk sekali jalan. Kapal Ferry menjadi pilihan penyeberangan yang cukup terjangkau dengan tarif sekitar Rp 82.000 per penumpang.

Namun, penyeberangan dengan kapal Ferry bisa lebih lama sekitar 2,5 jam. Setiap hari, kapal ini berangkat dari dermaga Muara Angke pada pagi hari pukul 07.30 WIB. Usahakan untuk datang lebih awal agar kamu tidak ketinggalan jadwal kapal.

KM Dishub

Alternatif penyeberangan ke Pulau Tidung yang terjangkau adalah KM Dishub. Kapal motor ini berukuran lebih kecil sehingga hanya mampu menampung sekitar 20-30 orang.

KM Dishub dapat membawa penumpang mencapai Pulau Tidung dengan lebih cepat, kurang lebih 1,5 jam. Setiap penumpang akan dikenai tarif Rp 50.000 dan tiket peron sekitar Rp 2.000. Jadwal keberangkatan kapal ini biasanya pukul 08.00 WIB atau pagi hari.

Speed Boat

Tersedia juga speed boat reguler yang siap membantu wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Tidung. Ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin cepat sampai karena speed boat lebih cepat dibanding kapal Ferry kayu.

Tempatnya juga lebih nyaman dengan sekali jalan biasanya dapat membawa 120-190 penumpang. Untuk tarif atau harga tiket penyeberangan ini sekitar Rp 380.000 per orang PP. Speed boat tidak berangkat dari Muara Angke, melainkan dari dermaga Marina Ancol.

Baca juga: Informasi Spot Foto Favorit Di Pulau Tidung

6. Persiapan Penginapan

Alangkah baiknya untuk membuat itinerary wisata Pulau Tidung sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Beberapa paket wisata mungkin menawarkan itinerary yang berbeda dan kamu bisa pilih paket yang paling sesuai.

Jika kamu berencana untuk liburan di Pulau Tidung lebih dari sehari atau ingin bermalam, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penginapan di sana. Rekomendasi penginapan Nirwana bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin liburan ke pulau tidung.

Jika kamu liburan dengan budget, pilih penginapan yang terjangkau seperti homestay. Di sekitar pantai ini cukup banyak yang menawarkan homestay. Silakan pilih yang harga dan fasilitasnya sesuai yang kamu butuhkan.

7. Sarapan Sebelum Berangkat

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mengisi perut sebelum berangkat. Beberapa orang terkadang lupa makan karena saking senangnya berangkat liburan.

Makan dulu secukupnya untuk mencegah masuk angin atau tidak enak badan di perjalanan. Jika sakit, rencana liburan kamu pasti akan terganggu.

Bawa makanan ringan atau snack favorit kamu untuk camilan di perjalanan biar tidak bosan. Apalagi penyeberangan ke pulau ini bisa memakan waktu lebih dari satu jam.

Itulah beberapa persiapan penting yang sebaiknya tidak terlewat sebelum kamu berangkat liburan ke Pulau Tidung. Biar rencana wisata Pulau Tidung kamu lancar dan tenang, sebaiknya tidak terlalu mepet persiapannya.

(OC/2023)

4.8/5 - (6 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *