Apakah Pulau Pari Cocok untuk Jadi Wisata Keluarga?

Masyarakat Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan Kepulauan Seribu yang memiliki gugusan pulau sangat indah, salah satunya yaitu Pulau Pari. Wisata Pulau Pari menjadi salah satu wisata alam yang cocok untuk liburan bersama keluarga, apalagi jika ingin menikmati ketenangan setelah sehari-hari disibukkan dengan aktivitas kota yang padat. Keseruan liburan di Pulau Pari bersama keluarga bukan tanpa alasan, karena pulau ini memiliki pesona yang tak ada habisnya.

Alasan Pulau Pari Cocok untuk Wisata Keluarga

Terdapat beberapa alasan mengapa wisata Pulau Pari sangat tepat untuk liburan keluarga antara lain sebagai berikut.

Pantai yang Indah

Pulau Pari memiliki beberapa pantai yang sangat indah dengan air laut yang jernih dibandingkan pantai di pulau lainnya. Selain itu, pantai di Pulau Pari memiliki pasir putih yang lembut. Lingkungan alamnya pun masih terjaga sehingga memberikan nuansa yang asri.

Ketika Anda berkunjung ke Pulau Pari bersama keluarga, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan atmosfer yang nyaman dan tenang.

Akses dari Jakarta Mudah

Apabila Anda dan keluarga hendak melakukan perjalanan wisata alam Pulau Pari, tidak perlu khawatir karena aksesnya mudah dari Jakarta. Anda dapat menjangkau Pulau Pari dengan perjalanan perahu yang relatif mudah dan praktis. Dengan begitu maka Anda dapat menghindari rute perjalanan yang terlalu jauh.

Melakukan Aktivitas Bersama Keluarga

Wisata Pulau Pari menawarkan banyak aktivitas yang seru dan berkesan yang tentunya dapat dilakukan bersama keluarga. Beberapa aktivitas diantaranya yaitu berenang bermain pasir, snorkeling, naik perahu, dan berjalan-jalan sepanjang pantai. Anda juga dapat mengabadikan momen keharmonisan keluarga dengan berbagai spot foto yang memesona.

Terdapat Fasilitas Akomodasi Untuk Keluarga

Saat ini Pulau Pari menawarkan berbagai pilihan fasilitas akomodasi bagi keluarga termasuk diantaranya villa keluarga. Jika Anda membawa anak-anak, di sini juga tersedia pilihan akomodasi fasilitas khusus bagi anak-anak.

Nuansa Santai dan Ramah

Salah satu alasan mengapa wisata keluarga Pulau Pari banyak dipilih yaitu karena memiliki atmosfer yang santai dan ramah.

Para wisatawan dapat berbaur dan berinteraksi dengan penduduk lokal untuk mengenal budaya dan aktivitas keseharian mereka. Nuansa yang santai juga dapat menciptakan perjalanan wisata yang menambah keharmonisan anggota keluarga.

Kuliner yang Lezat

Tidak hanya menyajikan wisata alam yang memukau, liburan ke Pulau Pari bersama keluarga juga dapat sekaligus menikmati sajian kuliner makanan laut yang lezat. Kuliner laut tersebut merupakan hasil tangkapan penduduk setempat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Baca juga: 7 Pesona Pulau Pari yang Jarang Diketahui Wisatawan

Menikmati hidangan kuliner lokal merupakan pengalaman yang menyenangkan untuk anggota keluarga. Jangan khawatir, kuliner di Pulau Pari tergolong murah meriah.

Persiapan Liburan Keluarga ke Pulau Pari

Mempersiapkan liburan keluarga di Pulau Pari memang perlu dilakukan jauh-jauh hari karena melibatkan banyak aspek diantaranya peralatan, logistik, dan informasi penting lainnya. Di bawah ini merupakan beberapa hal mendasar yang wajib dipertimbangkan saat merencanakan liburan keluarga ke Pulau Pari.

1. Pemesanan Akomodasi

Hal yang sangat penting untuk dipersiapkan saat wisata Pulau Pari adalah pemesanan akomodasi sesuai kebutuhan keluarga. Akomodasi tersebut berupa homesay atau penginapan dengan fasilitas sesuai yang dibutuhkan dan ramah keluarga. Misalnya tersedia dapur kecil, ruang keluarga, dan fasilitas lainnya.

Biasanya masyarakat setempat Pulau Pari juga menyediakan akomodasi penginapan untuk para wisatawan yang berkunjung. Upayakan untuk memilih penginapan yang nyaman dan strategis sehingga dapat menjangkau semua tempat dengan mudah.

2. Akses Transportasi

Untuk menuju Pulau Pari Anda membutuhkan persiapan transportasi bagi seluruh anggota keluarga sehingga perlu direncanakan dengan matang. Transportasi yang digunakan untuk menuju Pulau Pari yaitu menggunakan kapal ferry kayu atau speedboat.

Jangan lupa untuk memeriksa jadwal perjalanan serta memastikan Anda dan keluarga tiba di dermaga tepat waktu sehingga tidak ketinggalan kapal.

3. Packing Barang Pribadi

Mengemas barang bawaan yang dibutuhkan selama liburan perlu dilakukan dengan teliti sehingga tidak ada barang yang tertinggal. Jika perlu buatlah checklist barang apa saja yang dibutuhkan untuk antisipasi saat packing.

Bawalah pakaian sesuai dengan aktivitas dan iklim di Pulau Pari. Misalnya jika sedang musim hujan dan angin maka jangan lupa membawa jaket dan pakaian tebal.

Baca juga: Rekomendasi Penginapan dan Kuliner Pulau Pari

Kurang lengkap rasanya apabila liburan ke Pulau Pari tanpa bermain di pantai sehingga perlu membawa pakaian renang dan perlindungan dari matahari. Jika ingin melakukan aktivitas snorkeling, bawalah perlengkapan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut.

Hal penting lainnya yang perlu dibawa saat liburan ke Pulau Pari yaitu perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

4. Perlengkapan Keluarga

Selain packing perlengkapan pribadi, perlengkapan keluarga juga harus dipersiapkan, apalagi jika berwisata membawa anak-anak kecil.

Pastikan membawa perlengkapan anak yang dibutuhkan seperti baju anak, mainan, dan keperluan anak lainnya. Bawa juga perlengkapan piknik dan olahraga air apabila keluarga ingin melakukan aktivitas air tersebut.

5. Berkas Penting

Semua berkas dan dokumen penting yang dibutuhkan harus dibawa diantaranya kartu identitas, reservasi akomodasi, dan tingkat perjalanan seluruh anggota keluarga. Jika perlu simpanlah salinan dokumen tersebut pada tempat yang terpisah sehingga saat dibutuhkan lebih mudah mengambilnya.

6. Informasi Tempat Wisata

Pastikan Anda telah mencari informasi tempat wisata Pulau Pari sebelumnya, terutama seputar informasi lokal wilayah tersebut. Misalnya mengenali aturan Pulau, fasilitas umum yang tersedia seperti toko, restoran, dan sarana kesehatan. Anda juga perlu mencari informasi objek wisata yang ada di sekitar Pulau Pari jika ingin melanjutkan perjalanan wisata di pulau lainnya.

7. Kondisi Cuaca

Liburan ke Pulau Pari merupakan wisata alam sehingga penting bagi Anda untuk memeriksa prediksi cuaca Pulau Pari di periode waktu liburan. Tujuannya adalah supaya dapat mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi cuaca saat itu.

8. Uang Tunai

Hal yang sangat penting dan wajib untuk dipersiapkan adalah masalah pembiayaan. Anda harus mempersiapkan uang tunai yang cukup, karena di pulau pari sampai saat ini belum ada ATM dan hampir semua tempat menerima pembayaran tunai.

Jadi lebih baik Anda membawa uang tunai yang cukup untuk kebutuhan transportasi, makan dan keperluan lainnya selama liburan di pulau.

9. Menggunakan Jasa Agen Wisata

Untuk memudahkan Anda dan keluarga dalam mengeksplor Pulau Pari secara menyeluruh Anda dapat menggunakan jasa agen wisata. Pilihlah agen wisata yang tepat, terpercaya, berpengalaman, dan sesuai kebutuhan sehingga seluruh kebutuhan Anda dan keluarga akan dipenuhi secara praktis mulai dari tiket masuk, penginapan, asuransi, hingga akomodasi lainnya.

Anda dapat memilih paket wisata Pulau Pari untuk wisata keluarga sehingga Anda tidak perlu repot-repot mempersiapkan semuanya sendiri. Dengan menggunakan paket wisata, perjalanan wisata Anda selama liburan lebih seru dan menyenangkan serta mendapatkan pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Tersedia berbagai paket wisata ke Pulau Pari yang dapat Anda manfaatkan untuk merencanakan waktu liburan. Tentunya paket wisata yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan untuk seluruh anggota keluarga.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melakukan perjalanan wisata Pulau Pari bersama anggota keluarga. Dengan mempersiapkan segalanya dengan baik dan matang, maka Anda dapat bersenang-senang selama liburan keluarga di Pulau Pari tanpa ada kendala.

(OC/2024)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *