Wisata Pulau Pramuka: 7 Spot Foto Instagrammable

Pergi berlibur rasanya tak lengkap jika tidak berburu spot foto menarik dan instagrammable. Aktivitas ini tentu menjadi favorit semua orang bukan? Wisata Pulau Pramuka juga punya berbagai spot foto menarik yang bisa Anda coba.

Maka dari itu pada artikel ini akan dibahas untuk mengenal Pulau Pramuka lebih dekat dan rekomendasi apa saja spot-spot menarik yang belum pernah Anda coba. Yuk simak terus penjelasan di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Wisata Pulau Pramuka

Bagi Anda yang berencana untuk pergi berlibur ke Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka dapat Anda pilih.

  • Fasilitas yang ada di Pulau Pramuka

Berada di Kepulauan Seribu Utara tepatnya di Kelurahan Pulau Panggang, pulau yang satu ini memiliki jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak dibanding pulau lainnya seperti Pulau Tidung maupun Pulau Harapan.

Meski begitu Pulau Pramuka mempunyai fasilitas yang dinilai lebih lengkap sebab berada pada pusat pemerintahan. Jadi Anda tak perlu khawatir karena Anda tidak akan kesulitan untuk mencari kebutuhan untuk berlibur. Berbagai fasilitas pendukung yang ada di pulau ini diantaranya terdapat berbagai wahana permainan air, perlengkapan diving maupun snorkeling, persewaan sepeda dan masih banyak lagi.

  • Sejarah nama “Pramuka”

Mendengar kata Pramuka mungkin Anda akan langsung berpikir tentang kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Benar saja, hal tersebut karena nama Pulau Pramuka ini memang berhubungan dengan aktivitas kepramukaan yang Anda ketahui.

Berdasarkan cerita penduduk setempat dan sejarah tentang pulau ini, pada awalnya pulau ini dikenal dengan Pulau Elang. Hal tersebut karena di sini terdapat banyak sekali Elang Bondol yang hidup di sana.

Baca juga: Tempat Wisata Di Pulau Pramuka: Perjalanan dan Aktivitas Menarik

Namun pada akhirnya nama Pramuka yang dikenal masyarakat luas karena di tempat ini sering kali diadakan berbagai kegiatan kepramukaan. Maka dari itu pulau ini disebut Pulau Pramuka. Jadi tidak heran juga di pulau ini terdapat cukup banyak area perkemahan.

Objek wisata Pulau Pramuka menghadirkan keindahan alam yang sangat memukau. Keindahan Pulau Pramuka cocok sekali dinikmati bersama keluarga ataupun pasangan dan juga teman-teman. Berbagai aktivitas seru bisa Anda coba di pulau yang satu ini.

Bagi Anda yang penasaran apa saja paket wisata yang tersedia di sini simak penjelasan berikut.

  • Paket wisata Pulau Pramuka

Paket wisata yang tersedia di pulau ini terdiri dari beberapa pilihan. Anda bisa memilih paket wisata satu hari atau yang sering disebut paket one day tour atau paket menginap yang terdiri dari paket 2D1N atau paket 3D2N.

Paket wisata one day tour ini bisa Anda nikmati bersama rombongan dengan minimal anggota 15 orang. Untuk paket ini harga yang ditawarkan hanya sejumlah Rp 650.000 saja sementara bagi Anda yang ingin paket private hanya berdua Anda bisa menggunakan paket ini dengan harga Rp 970.000.

Lalu untuk paket wisata Pulau Pramuka lainnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 700.000 sampai Rp 850.000 tergantung jumlah peserta yang mengikuti tour ini. Semakin banyak peserta tour maka harga yang ditawarkan semakin murah. Fasilitas yang akan Anda dapatkan untuk paket satu hari ini yaitu tiket boat untuk pulang pergi dari Ancol sampai Pulau Pramuka.

Selain itu ada juga welcome drink dan juga wahana banana boat. Harga paket ini juga termasuk perlengkapan untuk snorkeling, foto dokumentasi underwater, free boat snorkeling hingga fasilitas makan siang.

Sementara untuk paket menginap selama 2D1N dibanderol dengan harga Rp 395.000 sampai 915.000 dengan fasilitas penjemputan ferry atau harga Rp 830.000 sampai Rp 1.310.000 untuk fasilitas speedboat. Lalu bagi Anda yang ingin menikmati paket 3D2N Anda perlu mempersiapkan biaya Rp 575.000 hingga Rp 1.365.000 tergantung jumlah peserta atau Rp 1.000.000 sampai Rp 1.760.000 untuk fasiitas speedboat.

Spot Foto Favorit di Pulau Pramuka

Selain informasi di atas Anda tentu penasaran kan apa saja spot foto Pulau Pramuka paling favorit dan tempat-tempat yang instagrammable? Untuk lebih jelasnya simak informasi berikut ini.

Spot foto underwater di Pulau Pramuka

Berbagai ikan cantik serta biota laut yang berwarna-warna akan sangat indah melengkapi foto underwater yang akan Anda ambil. Tak usah khawatir juga jika Anda baru pertama kali mencoba snorkeling atau diving.

Baca juga: Asyiknya Berlibur Ke Pulau Pramuka

Hal tersebut karena di pulau ini menjadi tempat yang tepat bagi seorang pemula untuk mencoba olahraga air ini. Meski begitu Anda perlu mempersiapkan diri dengan berlatih fisik sebelum mencoba olahraga air yang satu ini ya.

Spot wahana watersports

Kepulauan Seribu sangat terkenal akan wahana airnya termasuk di Pulau Pramuka ini. Jadi jika berlibur ke pulau ini persiapkan diri Anda untuk menikmati berbagai wahana permainan air yang ada di sana ya. Jangan sampai ada wahana yang terlewat karena momen ini bisa Anda abadikan dan menjadi momen yang tak terlewatkan.

Menikmati wisata Pulau Pramuka tak lengkap jika tidak menikmati wahana watersports. Di sini Anda bisa menikmati wahana banana boat, canoe hingga jet ski. Tak perlu khawatir karena seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa di pulau ini tersedia fasilitas persewaan untuk peralatan watersports.

Area camping

Terkenal sebagai tempat melakukan aktivitas kepramukaan membuat pulau ini menyediakan area camping untuk para pengunjung. Anda bisa menikmati wisata Pulau Pramuka sambil mencoba berkemah dan mengambil foto karena pasti estetik dan instagrammable.

Saking terkenalnya bahkan tempat ini menjadi destinasi utama yang dipilih pengunjung dari mana pun untuk pergi berkemah. Tidak hanya anak sekolah, banyak juga diantaranya organisasi, perusahaan maupun lembaga tertentu mengadakan acara kemah di pulau ini. Banyak sekali manfaat yang didapat dari berkemah ini salah satunya adalah mendekatkan diiri dengan alam terlebih lingkungan di sekitar Pulau Pramuka masih tampak asri dan alami.

Jelajah pulau sambil memancing

Pulau Pramuka memiliki banyak sekali spot foto menarik. Maka dari itu jangan sampai lewatkan jelajah pulau yang ada di sekitar dengan perahu nelayan setempat.

Sambil menjelajah pulau di sekitar Pulau Pramuka, Anda juga bisa sambil memancing di atas perahu. Spot ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto menarik yang beda dari yang lain.

Hutan mangrove

Pulau Pramuka juga memiliki area konservasi yang wajib dikunjungi. Di sini tak ada salahnya juga Anda mengabadikan momen dengan berfoto. Pasalnya area sini sangatlah sejuk dan teduh yang menjadi favorit para pengunjung.

Tepi pantai pasir putih

Pulau Pramuka memiliki garis pantai dan pasir putih indah di pantai sunrise. Tempat ini juga cocok sekali digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana romantis bersama pasangan.

Gusung Petrik

Satu lagi spot foto pulau pramuka yang tidak bisa dilupakan yaitu spot gusung petrik. Berada di tengah-tengah laut dengan pemandangan panorama indah selalu jadi spot favorit wisatawan. Untuk mendapatkan view gusung yang indah, tentu saja harus ke tempat ini saat kondisi air laut sedang surut.

Demikian beberapa spot foto yang ada di tempat wisata pulau Pramuka. Semoga informasi ini bermanfaat.

(OC/2024)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *