10 Aktivitas Wajib Saat Berwisata ke Pulau Tidung

Wisata Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi favorit yang berada di selatan kawasan Kepulauan Seribu. Terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dapat dicapai dari Jakarta menggunakan kapal feri atau speedboat.

Jaraknya yang relatif dekat membuat wisata pulau ini jadi andalan bagi warga ibu kota yang ingin menikmati liburan di alam. Menawarkan pemandangan yang indah dan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan.

Aktivitas di Pulau Tidung yang Wajib Dicoba

Buat kamu yang berencana mengunjungi Pulau Tidung, berikut ini beberapa aktivitas menyenangkan yang wajib dicoba.

Snorkeling

Liburan yang seru dengan menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pulau Tidung Kecil. Lewat aktivitas snorkeling, wisatawan dapat melihat pemandangan terumbu karang dan berbagai ikan kecil yang menggemaskan.

Pemerintah setempat juga melakukan konservasi terumbu karang sehingga alam bawah lautnya cukup terjaga. Bahkan wisatawan bisa mencoba mencicipi bulu babi segar yang dimakan mentah.

Waktu terbaik untuk kegiatan ini adalah pukul 07.00-08.00 WIB atau siang pada 13.00-14.00 WIB. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat sekumpulan lumba-lumba berenang di tengah laut.

Bakar-Bakar Ikan (Pesta Barbeque)

Cara seru lainnya untuk menikmati liburan di Pulau Tidung adalah mencoba kegiatan menyenangkan seperti pesta barbeque. Wisatawan bisa memilih spot yang nyaman di pinggir pantai untuk bakar-bakar ikan, udang, atau seafood.

Tips wisata Pulau Tidung bagi kamu yang ingin mencoba kegiatan ini sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu berpasir. Hal ini untuk mencegah makanan terkena pasir yang beterbangan.

Wisatawan bisa pesan ikan dan peralatan barbeque di tempat yang disediakan. Jika kamu hobi memancing, mungkin bisa pancing ikan langsung di laut untuk dibakar. Jadi, makanan kamu benar-benar fresh dan lezat.

Terjun Bebas Dari Jembatan Cinta

Jembatan Cinta adalah ikon dari wisata Pulau Tidung. Sebuah jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil.

Jembatan Cinta Pulau Tidung menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut. Selain itu, Jembatan Cinta juga menjadi spot bagi wisatawan untuk melakukan lompat atau terjun bebas.

Baca juga: Tempat Wisata di Pulau Tidung: Cara Dan Rekomendasi

Jika kamu punya keberanian, aktivitas ini wajib dicoba. Di beberapa titik ada yang lebih tinggi hingga 3 meter. Namun, hati-hati dan lihat sekitar karena di sekitar jembatan ini sering dilalui perahu dan banana boat yang mengangkut wisatawan.

Keliling Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung kecil dijadikan sebagai kawasan konservasi hutan bakau atau mangrove. Pemandangan yang lebih teduh dan sejuk bisa dinikmati di tempat ini. Selain itu, wisatawan juga bisa berkeliling pulau.

Cukup berjalan kaki mengingat pulau ini tidak terlalu besar. Destinasi wisata Pulau Tidung ini cocok sekali buat kamu yang ingin menikmati waktu bersantai dan melupakan sejenak hiruk pikuk kota.

Pastikan kamu memilih waktu yang tepat dan menghindari waktu tengah hari yang cukup terik. Gunakan pelindung seperti topi, kacamata, dan sunscreen jika perlu.

Bersepeda Di Pulau Tidung Besar

Pulau Tidung Besar adalah salah satu pulau berpenghuni yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Luas wilayahnya sekitar 107 hektar dengan penduduk sekitar 5000 jiwa. Pulau Tidung dikelilingi dengan pantai berpasir putih dengan ombak yang relatif tenang.

Wisatawan dapat menjelajah Pulau Tidung Besar untuk melihat berbagai spot menarik di sana. Jika di Pulau Tidung Kecil bisa berjalan kaki, sebaiknya untuk berkeliling Pulau Tidung Besar menggunakan sepeda.

Pengelola wisata Pulau Tidung sendiri menyediakan penyewaan sepeda untuk para pelancong. Kamu bisa sewa sepeda untuk berkeliling seharian di pulau yang cantik dan eksotis ini.

Menikmati Sunset Di Jembatan Cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung pada awalnya hanya dibangun dari kayu. Kemudian, diperbaiki dan diperkuat menggunakan material beton dan besi. Jembatan dengan warna merah ini pun jadi daya tarik wisata Pulau Tidung.

Ikon wisata ini pun menjadi tempat favorit wisatawan untuk berburu pemandangan matahari terbenam atau sunset. Di atas jembatan, wisatawan dapat melihat sunset tanpa terhalang apapun sehingga lebih puas.

Jika kamu mengaku pecinta senja, kamu bisa datang sore hari untuk hunting sunset di tempat ini. Malam harinya bisa dihabiskan untuk pesta barbeque, berkemah, atau bermalam di penginapan.

Menikmati Sunrise Di Dermaga Pelabuhan

Pemandangan tidak kalah cantik dapat disaksikan pada pagi hari menjelang matahari terbit. Wisatawan yang menginap di sini dapat menikmati keindahan Pulau Tidung dengan warna langit yang hangat dan udara segar pagi hari.

Baca juga: Tips Liburan Ke Pulau Tidung Hemat

Salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise ada di dermaga pelabuhan. Silakan cari tempat yang bagus jika kamu ingin mengabadikan momen matahari terbit di Pulau Tidung.

Selain di dermaga pelabuhan, wisatawan juga dapat menikmati sunrise di atas jembatan. Masing-masing menyajikan pemandangan yang indah dan unik, mulai dari langit yang gelap hingga berganti warna dan terang.

Berfoto Di Semua Spot!

Pergi ke suatu destinasi wisata tentu untuk menikmati pesona dan daya tarik tempat wisatanya. Namun, beberapa orang sengaja pergi ke tempat wisata untuk menambah koleksi foto liburan di galerinya.

Apapun selera kamu, wisata Pulau Tidung memang wajib untuk bawa kamera. Ada banyak keindahan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Siapkan kamera terbaik kamu dan ambil gambar sepuasnya.

Beberapa spot di Pulau Tidung juga menyajikan tempat foto dan selfie yang instagramable. Jadi, buat kamu yang suka foto-foto estetik, tempat ini boleh dicoba.

Watersport

Pulau Tidung memang menawarkan kesenangan dan kegembiraan bagi siapa saja yang berkunjung. Salah satunya dengan pilihan watersport yang cukup banyak. Ada banana boat, sofa boat, donut ride, flying fish, canoe, angsa laut dan lain-lain.

Watersport di Pulau Tidung cocok sekali untuk wisatawan yang datang beramai-ramai. Kamu bisa coba naik salah satunya bersama rombongan. Beberapa wahana bisa dinaiki ramai-ramai oleh banyak orang.

Jika ingin sensasi yang berbeda, cobalah aktivitas di Pulau Tidung yang menyenangkan dengan menjajal salah satu watersport tersebut. Tarif watersport di sini bermacam-macam dengan kisaran harga Rp 35.000 – Rp 50.000.

Melihat Penangkaran Penyu Sisik

Ingin menikmati liburan di Pulau Tidung dengan cara yang lebih santai? Tenang, masih ada aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan yaitu melihat penangkaran penyu sisik.

Tempat penangkaran ini dapat dijumpai di Pulau Tidung Kecil. Jika tertarik, wisatawan dapat menyeberang melalui Jembatan Cinta yang menjadi akses termudah dari Pulau Tidung Besar ke Pulau Tidung Kecil.

Sambil menikmati pemandangan laut dari atas jembatan sebelum sampai ke tempat penangkaran. Hanya saja, di tempat ini tidak menyediakan aktivitas pelepasan penyu ke laut.

Itulah beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan saat mengunjungi wisata Pulau Tidung. Bawa teman, pacar, atau keluarga biar liburan kamu makin seru dan berkesan. Jangan lupa beli oleh-oleh sebelum pulang ya!

(OC/2023)

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *