Wisata Pulau Seribu: 8 Spot Wisata Populer dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Pemandangan wisata Pulau Seribu yang dikelilingi oleh banyaknya pulau-pulau kecil tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi wisata ini. Keindahan alamnya yang eksotis tentu mampu memikat para pengunjung untuk datang ke tempat yang terletak di kawasan pantai Utara Jakarta.

Selain itu juga terdapat beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Kepulauan Seribu. Banyaknya pengunjung yang datang ke Pulau Seribu baik wisatawan domestik maupun mancanegara membuat Pulau Seribu menjadi semakin populer.

Perjalanan menuju Pulau Seribu cukup mudah hanya dengan dilakukan dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Muara Angke atau Marina Ancol dengan durasi perjalanan sesuai dengan pulau tujuan.

Wisata di Pulau Seribu yang Populer

Pulau Seribu populer juga dengan wisata-wisata yang ada di sekitarnya. Berikut merupakan daftar tempat wisata Pulau Seribu:

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah tempat wisata primadona yang berada di Pulau Seribu tepatnya berada di salah satu Kecamatan Kepulauan Seribu bagian Selatan. Ciri khas dari Pulau Tidung ini adalah jembatan sebagai penghubung antara Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil yang disebut dengan jembatan cinta. Dari jembatan tersebut pengunjung dapat menyaksikan laut biru yang indah dan juga menikmati waktu terbenamnya matahari.

2. Pulau Pari

Pulau yang memiliki objek wisata pantai pasir putih cantik ini selalu dilirik wisatawan. Pulau Pari menjadi tujuan dan destinasi paling diminati para turis di wisata Pulau Seribu. Banyak objek wisata menarik yang disuguhkan pulau ini. Jarak tempuk ke pulau ini jauh lebih cepat dan dekat dibanding destinasi pulau tidung maupun pulau pramuka. Jika berminat mengunjungi pulau ini, jangan lupa booking akomodasi dari jauh hari.

3. Pulau Pramuka

Pulau yang menjadi tempat wisata paling indah di bawah laut adalah Pulau Pramuka. Pengunjung tidak hanya disajikan dengan pemandangan dan suasana di sekitar pulau, namun juga akan dimanjakan dengan pemandangan terumbu karang dan juga terdapat ikan yang berwarna-warni. Selain itu penangkaran penyu yang terdapat di Pulau Pramuka juga menjadi daya tarik bagi pengunjung, karena pengunjung dapat melihat langsung penyu-penyu muda dan dewasa.

4. Pulau Macan

Pulau yang berada di bagian utara dari Kepulauan Seribu ini disebut dengan Pulau Macan. Pulau dengan latar belakang biru kehijauan yang membuat pengunjung merasa betah menghabiskan waktu dan berlama-lama di pulau tersebut. Cottage yang berada di bibir pantai juga membuat pengunjung tetap merasa nyaman.

Baca juga: Tempat Wisata Pulau Seribu Cocok Buat Snorkeling

5. Pulau Harapan

Setiap pengunjung yang datang ke Pulau Harapan tentunya akan bisa menikmati keindahan laut yang sesuai dengan harapan para pengunjung. Adanya kegiatan island hopping menjelajahi pulau-pulau yang disuguhkan dengan keindahan alam yang pasti akan membuat pengunjung merasa nyaman. Selain itu, Pulau Harapan juga terkenal dengan terumbu karang terbaik sehingga tidak sedikit pengunjung yang datang ke pulau tersebut untuk menyelam dan melihat keindahan bawah laut.

6. Pulau Onrust

Dulunya pulau ini dikenal dengan pulau kapal oleh warga lokal yang hidup pada masa kolonial Belanda, karena banyaknya kapal-kapal milik orang-orang Belanda yang datang ke pulau tersebut untuk menuju Jakarta. Pulau Onrust ini mempunyai keindahan pantai dan laut yang menakjubkan. Selain itu juga terdapat bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang juga menjadi salah satu daya tarik dari Pulau Onrust ini.

7. Pulau Semak Daun

Bagi pengunjung yang ingin datang ke wisata Pulau Seribu untuk berkemah, maka Pulau Semak Daun bisa menjadi pulau yang wajib untuk dikunjungi. Pengunjung akan dimanjakan dengan pulau yang dikelilingi oleh pantai dan juga pemandangan terbitnya matahari. Selain tempat yang nyaman untuk berkemah, pengunjung juga dapat menyelam ke bawah laut untuk dapat melihat keindahan yang ada di dalamnya.

8. Pulau Bidadari

Pulau yang letaknya tidak jauh dari kota Jakarta sehingga jarak tempuhnya tidak terlalu lama adalah Pulau Bidadari yang juga merupakan salah satu kepulauan yang tidak berpenghuni. Yang menjadi daya tarik dari pulai ini adalah tentunya keindahan alam dan juga terdapat berbagai pilihan cottage.

Tips Persiapan Liburan ke Pulau Seribu

Liburan ke wisata Pulau Seribu tentunya akan menyenangkan, karena Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam dan laut birunya. Namun sebelum pergi berlibur, terdapat beberapa tips persiapan agar liburan Anda lebih berkesan dan menyenangkan.

Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat untuk datang berlibur ke Pulau Seribu, hindari berlibur saat musim angin dan hujan karena perjalanan akan ditempuh dengan menggunakan kapal sehingga akan kesulitan saat menyeberang. Maka dari itu, pergilah berlibur saat musim kemarau.

Tentukan Transportasi yang Digunakan

  • Lewat Dermaga Kali Adem, Muara Angke

Banyak pengunjung yang berlibur ke Pulau Seribu lewat Muara Angke, karena tarif tiket yang ditawarkan lebih murah walaupun jarak tempuhnya sekitar 2-3 jam. Untuk harga tiketnya berbeda-beda sesuai dengan pulau tujuan.

  • Lewat Dermaga Marina di Ancol

Jika Anda ingin lebih cepat sampai ke pulau tujuan, maka bisa menggunakan speedboat dengan jarak tempuhnya 1-1,5 jam.

Baca juga: Apa Saja Wisata di Pulau Seribu?

  • Booking Penginapan Terlebih Dahulu

Memesan Penginapan terlebih dahulu akan memudahkan Anda saat sudah sampai ke pulau tujuan, sehingga Anda bisa langsung check-in dan beristirahat untuk menikmati liburan.

  • Rencanakan Kegiatan Selama Liburan

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di wisata Pulau Seribu yaitu snorkling, diving dan kegiatan lainnya atau hanya sekedar menikmati keindahan alam dan lautnya. Namun Anda harus tetap merencanakan kegiatan yang akan dilakukan selama liburan agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia tanpa melakukan aktivitas apa pun.

  • Persiapkan Pakaian dan Perlengkapan Pribadi

Sebelum berlibur, persiapkan pakaian dan perlengkapan yang akan digunakan. Memilih pakaian yang tepat untuk digunakan juga penting agar liburan Anda nyaman dan menyenangkan.

Biaya Liburan Ke Pulau Seribu

Pergi untuk berlibur tentunya harus menyiapkan budget terlebih dahulu, agar Anda dapat menghitung pengeluaran selama liburan. Berikut merupakan referensi untuk perencanaan budget liburan ke Pulau Seribu:

Ongkos Perahu

Perjalanan ke Pulau Seribu akan ditempuh dengan menggunakan kapal, sehingga Anda perlu menyiapkan budgetnya. Beberapa rincian biayanya sebagai berikut:

  • Kapal motor tradisional

Jika menggunakan kapal ini maka Anda akan mengeluarkan bugdet sekitar Rp 70.000 – Rp 135.000.

  • Kapal Dishub

Biaya yang akan Anda keluarkan berkisar antara Rp 50.000 – Rp 70.000.

  • Speedboat

Menyiapakan biaya yang lebih mahal, sekitar Rp 160.000 – Rp 220.000.

Harga Paket Wisata

Bagi Anda yang menginginkan perjalanan yang tidak ribet, maka bisa menggunakan paket wisata Pulau Seribu tentunya dengan berbagai macam harganya. Seperti paket liburan ke Pulau Tidung yang memberikan berbagai fasilitas, wahana liburan, snorkling dan juga akomodasi yang menyenangkan bagi pengunjung, sehingga pengunjung bisa lebih menikmati liburan tanpa harus memikirkan penginapan.

Biaya Penginapan

Tentunya Anda juga perlu mengeluarkan biaya ke Pulau Seribu khususnya untuk penginapan jika ingin menghabiskan waktu di pulau tersebut maka Anda perlu mencari tempat penginapan yang ada di sekitar. Beberapa akomodasi yang berada di wisata Pulau Seribu memberikan tarif yang beragam dari yang murah sampai mahal dan tentunya sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Liburan Anda tentunya akan menjadi menyenangkan jika semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, mulai dari tempat, aktivitas, sampai dengan biaya yang harus dipersiapkan selama liburan agar saat pulang dari berlibur Anda benar-benar merasa senang dan puas.

(OC/2024)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *