Rekomendasi Penginapan dan Kuliner Pulau Pari

Kepulauan Seribu mempunyai banyak pesona yang sayang jika dilewatkan jika Anda berkunjung ke pulau tersebut.

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan saat berada di kepulauan Seribu sehingga setidaknya harus menginap untuk liburan wisata sekitar 2 hingga 3 hari lamanya. Itulah mengapa ada banyak penginapan Pulau Pari dan pulau lainnya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan akomodasi para wisatawan yang datang berlibur.

Rekomendasi Penginapan di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Untuk Anda yang menyukai kegiatan wisata alam, maka berlibur ke Pulau Pari yang ada di kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan terbaik. Dari mulai aktivitas untuk melihat pemandangan laut, matahari terbit dan terbenam, berkunjung ke penangkaran biota laut hingga eksplorasi alam di sekitar Pulau Pari.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penginapan yang tersedia di Pulau Pari untuk para wisatawan yang berlibur disana.

Guerilla Dive

Penginapan yang satu ini menjadi salah satu penginapan yang direkomendasikan di wisata Pulau Pari. Berada di pinggir pantai langsung, menjadikan penginapan Guerilla Dive diminati wisatawan yang ingin bermalam di Pulau Pari.

Penginapan Guerilla Dive hanya memiliki beberapa rooms saja. Tentu saja jika ingin memakai penginapan ini, anda harus mengeluarkan kocek lebih mahal dari homestay biasa.

Anda juga diharuskan mengecek dan memahami peraturan check-in dan chcek-out saat ini stay di penginapan Guerilla Dive. Karena pihak penginapan memiliki aturan khusus yang berbeda dari homestay biasa.

Homestay Aluna

Penginapan murah Pulau Pari berikutnya di Pulau Pari adalah Homestay Alunas yang berlokasi di Pantai Selatan Pulau Pari Kepulauan Seribu. Homestay yang berlokasi cukup dekat dengan Pantai Perawan dengan jarak tempuh sekitar 500 meter.

Homestay ini berada di pinggir pantai langsung dengan view laut tentunya. Mempunyai fasilitas kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, TV, AC, dispenser, dekat dengan rumah makan dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Selain Guerilla Dive dan Homestay Aluna, di pulau pari terdapat banyak homestay-homestay lainnya yang rekomended dengan fasilitas lengkap tentunya. Hanya saja untuk homestay posisi pinggir pantai unitnya terbatas.

Baca juga: 7 Destinasi dan Aktivitas Wisata di Pulau Pari

Kebanyakan homestay berada diposisi tengah atau di area pemukiman warga. Tapi jangan khawatir, karena homestay tersebut sudah dipersiapkan untuk para wisatawan yang ingin menikmati wisata Pulau Pari dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Untuk Anda yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu, selain di Pulau Pari terdapat cottage-cottage di pulau lainnya yang bisa anda coba dan disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Beberapa Pilihan Cottage di Pulau Seribu (Selain Penginapan Pulau Pari)

Pulau Macan Eco Resort

Merupakan sebuah resort yang menghadirkan konsep resort atau penginapan eco-friendly dengan perpaduan unsur alami dengan hunian yang nyaman.

Resort yang menjadi resort favorit di Pulau Seribu ini memiliki bangunan dengan desain eksterior dan interior modern dengan spot spesialnya adalah pemandangan laut. Diketahui resort ini memiliki fasilitas yang lengkap yaitu dekat dengan pantai, menyediakan sarapan, restoran, ruang khusus untuk kegiatan anak dan keluarga.

Resort Pulau Ayer

Rekomendasi penginapan yang berikutnya adalah sebuah resort yang memiliki konsep alam yang terlihat mewah namun mengutamakan kenyamanan. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan diantaranya adalah untuk melakukan olahraga air meliputi kegiatan memancing, jet ski dan banana boat.

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung hotel juga termasuk lengkap dari mulai fasilitas penginapan sesuai standar hotel bintang 4, restoran, ruang meeting, minimarket dan spot foto yang instagrammable.

Cottage Pulau Pantara

Sebuah cottage yang terletak di bagian terujung dari kepulauan Seribu sehingga menyajikan pemandangan alam yang lebih asri dan cantik mempesona.

Semua cottage yang ada di pulau ini memiliki view pemandangan luar kamar dengan jendela besar menghadap langsung ke arah pantai. Pulau ini juga memiliki potensi wisata bahari dan bawah laut yang menakjubkan, sehingga sangat direkomendasikan untuk menginap di resort yang juga menyediakan fasilitas lengkap untuk Anda yang hobi snorkeling.

Seribu Resort Cottage

Sebuah resort yang berlokasi di pulau Pramuka dengan konsep glamping dan villa, tentunya dengan pelayanan yang ramah. Semua kamar yang tersedia di cottage ini memiliki pemandangan laut dengan spot terbaik untuk menyaksikan keindahan suasana pantai yang bertabur cahaya kuning keemasan yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia di cottage ini pun cukup lengkap diantaranya kamar mandi pribadi, TV dan AC untuk kenyamanan pengunjung.

Baca juga: Wahana Apa Saja Yang Ada Di Pulau Pari?

Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Pulau Pari

Berlibur di Pulau Pari juga kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner khas kepulauan Seribu. Berikut referensi wisata kuliner terbaik yang ada di Pulau Pari yang kami rangkum untuk Anda.

Kue Blibar Manggis

Satu kuliner Pulau Pari yang terbuat dari bahan tepung ketan, kelapa dan air gula jawa. Meski memiliki nama yang mengandung unsur manggis, ternyata kue ini dibuat tanpa menggunakan bahan buah manggis sedikit pun. Teksturnya yang empuk, dengan isian air gula jawa yang manis tanpa pemanis buatan dan taburan kelapa parut yang gurih yang menjadikan cita rasanya lezat.

Sambal Beranyut

Kepulauan Seribu juga mempunyai kuliner khas yang memiliki beragam cita rasa yaitu sambal Beranyut. Terbuat dari bahan cabai, garam, perasan jeruk limau menjadikan pengalaman makan ikan bakar di pinggir pantai Pulau Pari semakin menggoda selera.

Kue Maco

Sekilas tampilan kue ini sangat mirip dengan kue tradisional onde-onde dengan isian kacang hijau tumbuk. Namun kue Maco menawarkan cita rasa yang berbeda, tentunya dengan ikuran yang lebih besar. Kue Maco menjadi kuliner Pulau Pari yang sehat dan lezat untuk semua kalangan wisatawan.

Puk Cue

Sebuah kuliner khas dari kepulauan Seribu dengan tampilan mirip dengan kuliner Pempek Palembang. Kuliner yang satu ini terbuat dari bahan tepung terigu, tepung sagu dan ikan kemudian disajikan dengan pelengkap berupa bumbu sambal kacang. Anda bisa menemukan kuliner ini di sekitar pulau Pari, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan pulau Harapan yang menjadi cemilan ringan yang tepat untuk disantap sembari menikmati pemandangan laut yang eksotis.

Sate Gepuk

Kuliner yang terbuat dari olahan ikan tongkol segar yang sudah dilepaskan dari kulit dan duri, kemudian diolah dengan kelapa parut yang dibakar lalu diberi bumbu pelengkap. Sate Gepuk ini mempunyai cita rasa pedas, gurih dan manis karena dimasak dengan cara dibakar dengan bungkus pelapis daun pisang. Menjadi olahan kuliner khas Pulau Pari yang lezat sekaligus sehat untuk wisatawan kepulauan Seribu.

Kue Talam

Hampir semua wisata kuliner Pulau Pari khas kepulauan Seribu diolah dengan menggunakan bahan olahan ikan karena memang pulau tersebut memiliki hasil laut yang berlimpah.

Jenis kuliner lainnya yang juga banyak diburu wisatawan adalah kue talam yang terbuat dari bahan tepung beras dan dimasak hingga bertekstur kenyal menyerupai jeli atau agar-agar. Cemilan ini merupakan jajanan tradisional yang enak untuk dinikmati.

Keripik buah Sukun

Kuliner Pulau Pari yang terakhir adalah berupa olahan buah Sukun yang banyak terdapat di kepulauan Seribu khususnya pulau Tidung.

Buah Sukun banyak diolah menjadi cemilan keripik renyah dengan menggunakan bahan alami sehingga sehat, lezat dan bebas dari campuran bahan kimia. Anda bisa menjadikan keripik buah Sukun menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Sekian ulasan tentang rekomendasi penginapan Pulau Pari dan wisata kuliner terbaik yang tersedia di Pulau Pari yang bisa menjadi pilihan untuk Anda jika berlibur. Semoga bermanfaat.

(OC/2023)

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *