Menilik Keindahan Wisata Pulau Harapan

Wisata Pulau Harapan menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Khususnya untuk warga kota Jakarta, Pulau Harapan yang menjadi salah satu jajaran Kepulauan Seribu sebelah utara sangat diminati karena lebih mudah dijangkau dari Kota Jakarta. Segala penat, stres dan rasa lelah akan langsung hilang begitu melihat keindahan pemandangan yang tersaji di Pulau Harapan.

Indahnya Surga Bawah Laut di Wisata Pulau Harapan

Pulau Harapan dikenal memiliki keindahan bawah laut dengan air laut yang terlihat jernih kebiruan. Di kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Harapan dikenal sebagai area snorkeling terbaik yang banyak direkomendasikan pada wisatawan. Disarankan jika ingin melakukan snorkeling di Pulau Harapan untuk mengenakan alat snorkeling lengkap sehingga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan maksimal sekaligus terhindar dari risiko terkena bulu babi yang banyak terdapat di dasar laut.

Semua pengunjung wisata yang datang ke Pulau Harapan berkesempatan untuk menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau scuba diving yang seru dan menyenangkan. Pulau Harapan memiliki hamparan pantai berpasir putih yang bersih dengan angin sepoi-sepoi dan hembusan angin beraroma laut yang segar. Destinasi wisata Pulau Harapan yang pastinya akan membuat siapa pun betah berlama-lama di sana.

Berikut ini adalah beberapa keindahan Pulau Harapan yang dimiliki oleh Kepulauan Seribu yang pastinya memanjakan siapa pun yang berkunjung ke sana.

1. Wisata Laut yang Memesona

Pulau Harapan termasuk ke dalam area Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dengan beragam paket wisata menjelajah sekian banyak pulau di sana. Pulau Harapan dikelilingi oleh berbagai pulau cantik, dengan laut bersih dan terumbu karang yang masih aktif. Pengunjung wisata bukan hanya bebas menikmati suasana Pulau Harapan saja, namun juga bisa bebas menjelajah pulau yang ada di sekitarnya baik yang berpenghuni maupun yang tidak.

Baca juga: Wisata Pulau Harapan, Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan Disana?

Lokasi wisata Pulau Harapan yang cukup dekat dari kota Jakarta menjadikan destinasi wisata ini menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang ingin refreshing namun terkendala keterbatasan waktu. Untuk menjangkau Pulau Harapan Anda harus menggunakan transportasi laut yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 3-4 jam dengan kapal ferry. Tersedia banyak sekali spot wisata menarik yang bisa Anda nikmati bersama keluarga maupun orang terdekat.

2. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Pulau Harapan yang masih termasuk area Taman Nasional Kepulauan Seribu menjadikan semua kekayaan dan biota laut yang ada di sana masih terjaga dengan sangat baik. Jernihnya air laut membuat siapa pun akan merasakan sensasi seperti berada di akuarium raksasa di mana berbagai jenis ikan kecil dan biota laut lainnya berenang bebas di laut. Selain itu, jika Anda melakukan scuba diving atau snorkeling maka akan disuguhi pemandangan ratusan terumbu karang hidup berkembang biak di sepanjang area bawah laut Pulau Harapan.

3. Berpetualang dengan Perahu Tradisional

Berwisata di Pulau Harapan tersedia aktivitas wisata seperti untuk berpetualang berkeliling dan menjelajah berbagai pulau yang ada di sekitarnya dengan menggunakan perahu tradisional seperti gugusan Pulau Bulat, Pulau Besar, Pulau Perak dan pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu.

Anda akan mendapati pengalaman seru dan menyenangkan saat menjelajah pulau yang asri dan terjaga kealamiannya di pulau tersebut. Pastinya menjadi perjalanan liburan yang cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan berpetualang.

4. Taman Biota Laut

Sebuah taman laut yang dikelola langsung di bawah Balai Konservasi Laut Kepulauan Seribu untuk melindungi fauna langka dan dilindungi salah satunya adalah penyu laut. Di taman ini penyu laut ditangkarkan langsung di ekosistem aslinya, hanya menggunakan pagar jaring nelayan yang menjadi sekat antara penangkaran dengan laut lepas.

Tersedia fasilitas wisata Pulau Harapan untuk mengakses area penangkaran penyu dewasa yang lebih mudah dan aman dengan menggunakan jembatan kayu di atas kolam penangkaran. Selain dikenal memiliki area penangkaran penyu laut, Pulau Harapan juga memiliki penangkaran hewan elang. Diketahui Pulau Harapan memiliki habitat elang bondol yang dilindungi dan dirawat dengan baik di pulau ini.

5. Sunset dan Sunrise Pulau Harapan

Berkunjung ke Pulau Harapan menjadikan Anda bebas memilih waktu untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit atau terbenam di pulau. Pulau Harapan berada di lokasi dengan dua sisi bagian timur dan barat yang berperan sebagai poros putar peredaran matahari. Artinya, Anda berada di area yang tak bersekat dan tak berdinding sehingga bisa melihat pemandangan sekitar dengan leluasa.

6. Scuba Diving dan Snorkeling

Pesona keindahan wisata Pulau Harapan juga semakin lengkap dengan adanya aktivitas wisata air seperti snorkeling, scuba diving hingga banana boat yang seru dan menyenangkan. Selain tersedia peralatan lengkap, aktivitas tersebut juga terbilang aman untuk dilakukan karena ada penjaga pantai yang siap sedia untuk membantu pengunjung wisata yang memerlukan bantuan. Anda akan disuguhi pemandangan bawah laut yang unik, menakjubkan dan masih alami karena dilindungi serta mendapatkan perawatan dengan baik.

Baca juga: Mengunjungi Wisata Pulau Harapan Yang Elok

Untuk Anda yang tak bisa berenang, bukan berarti tak bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut Pulau Harapan yang memesona. Anda bisa menggunakan peralatan life jacket yang digunakan sebagai pengaman sekaligus membantu Anda bisa tetap mengapung saat berenang. Selain itu ada banyak bantuan dari pemandu snorkeling yang siap siaga membantu Anda menjelajah bawah laut hingga puas.

Tips Berwisata ke Pulau Harapan dengan Aman dan Nyaman

Meski jarak antara Pulau Harapan dengan kota Jakarta cukup dekat, namun banyak pengunjung wisata yang memilih untuk menghabiskan malam di Kepulauan Seribu. Selain ingin menikmati pemandangan laut di malam hari, mereka juga ingin lebih puas menjelajah Kepulauan Seribu yang memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin berwisata yang aman dan nyaman di Pulau Harapan, yaitu :

  • Pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi sehingga kebutuhan Anda selama menginap di Pulau Harapan terpenuhi dengan baik.
  • Hindari membuang sampah sembarangan, buang sampah di tempat sampah atau setidaknya bawa kantong plastik untuk membawa sampah milik Anda sementara belum menemukan tempat sampah
  • Usahakan untuk snorkeling atau scuba diving dengan menggunakan peralatan yang memadai. Seperti menggunakan pengaman kaki saat menyelam sehingga terhindar dari risiko terkena bulu babi yang banyak bertebaran di sekitar Pulau Harapan.
  • Hindari menginjak terumbu karang baik yang soft atau hard coral yang banyak terdapat di sekitar Pulau Harapan, karena mereka hidup dan tumbuh berkembang membutuhkan waktu yang sangat lama.
  • Pilih waktu terbaik untuk melakukan perjalanan wisata ke Pulau Harapan, sehingga bukan hanya bisa menikmati liburan dengan maksimal namun juga berkualitas.

Demikian ulasan singkat tentang keindahan pesona wisata Pulau Harapan yang direkomendasikan untuk liburan Anda bersama keluarga tercinta. Anda juga bisa mengambil paket wisata Pulau Harapan untuk memperoleh pengalaman liburan yang lebih puas dan menyenangkan.

(OC/2024)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *