Cara Bijak Hemat Biaya Liburan di Pulau Seribu bersama Keluarga

Menjadi salah satu wilayah yang termasuk dalam Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat wisata Pulau Seribu dikelilingi oleh pulau-pulau kecil serta menawarkan keindahan alam dan bawah laut yang menawan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagi Anda yang mempunyai hobi snorkling dan diving akan sangat dimanjakan dengan keindahan terumbu karang dan beragam jenis ikan di bawah laut.

Alasan Banyak Orang Menyukai Pulau Seribu

Pulau Seribu memang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi karena keindahan alam dan bawah lautnya yang mampu menghipn0tis wisatawan untuk kembali berlibur ke pulau tersebut. Berikut merupakan alasan banyaknya orang yang menyukai berlibur di Pulau Seribu:

  • Tidak Membuat Bosan

Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Seribu membuat wisatawan tidak bosan untuk terus berkunjung atau berlibur bahkan secara rutin. Anda bisa melakukan kegiatan snorkling, diving, atau hanya melihat pemandangan yang eksotis hingga menyaksikan matahari tenggelam.

  • Jarak Dekat

Bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta, mungkin lebih sering pergi berlibur ke Pulau Seribu karena jaraknya yang dekat. Pulau Seribu sendiri masih termasuk ke dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta, sehingga membuat perjalanan yang ditempuh tidak terlalu lama.

  • Menyegarkan Pikiran

Tujuan dari berlibur adalah menghilangkan beban pikiran, sehingga jika berlibur ke pantai yang menyuguhkan pemandangan alam yang segar maka akan mampu membuat pikiran menjadi lebih jernih dan segar kembali sehingga setelah pulang berlibur akan dapat bekerja lebih maksimal.

Kelebihan Menggunakan Agen Saat ke Pulau Seribu

Jika Anda pergi berlibur dengan keluarga atau teman maka disarankan untuk menggunakan agen wisata. Berikut merupakan beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan agen wisata Pulau Seribu:

  • Lebih Hemat

Saat berlibur tentunya tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya, maka dengan menggunakan agen Anda akan lebih hemat biaya terlebih jika berlibur bersama keluarga atau teman maka pengeluaran akan lebih bisa ditekan. Biasanya agen wisata ke Pulau Seribu menawarkan paket liburan untuk rombongan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk setiap orangnya lebih sedikit.

  • Tidak Ribet

Berlibur menggunakan agen wisata akan membuat Anda lebih menikmati liburan, karena Anda tidak perlu repot mencari penginapan dan tempat makan sendiri. Segala kebutuhan Anda selama berlibur sudah dipersiapkan dengan baik.

Baca juga: Wisata Pulau Seribu: 8 Spot Wisata Populer dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

  • Pilihan Kegiatan Menarik

Ketika berlibur tanpa persiapan yang matang tentunya Anda akan kebingungan untuk melakukan kegiatan yang sebaiknya dilakukan saat berlibur. Namun jika menggunakan agen wisata, maka Anda dapat melakukan kegiatan menarik seperti snorkling, banana boat, atau hanya sekedar berjalan-jalan menjelajah pulau. Semua kegiatan tersebut sudah dipersiapkan oleh agen sehingga Anda hanya perlu menikmati setiap kegiatannya.

Tips Wisata ke Pulau Seribu yang Aman

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat berlibur bersama keluarga ke destinasi wisata Pulau Seribu agar aman dan menyenangkan:

  • Riset Tempat Tujuan

Sebelum pergi berlibur lebih baik jika melakukan riset tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi selama liburan, terutama jika Anda pergi berlibur bersama keluarga. Tentunya harus mempertimbangkan tentang kondisi di tempat tersebut apakah aman untuk anak-anak atau tidak. Caranya bisa dengan melihat review dari wisatawan sebelumnya yang akhirnya menjadi bahan pertimbangan bagi Anda, sehingga bisa nyaman berlibur ke wisata Pulau Seribu.

  • Menentukan Destinasi Wisata dan Transportasinya

Setelah melakukan riset tempat, selanjutnya tentukanlah tujuan liburan Anda dan keluarga. Perhatikan juga estimasi waktu yang harus ditempuh untuk sampai ke destinasi tersebut, lalu pilihlah transportasi yang sebaiknya digunakan. Pemilihan kendaraan tentunya juga berdasarkan faktor keamanan dan kenyamanan.

  • Sediakan Kotak P3K

Salah satu hal yang sering dilupakan saat hendak pergi berlibur adalah membawa kotak P3K. Anda bisa mengisinya dengan obat-obatan yang biasanya akan dibutuhkan, seperti obat merah, plester luka, salep dan lain-lain. Terlebih jika Anda mempunyai penyakit ataupun alergi maka kotak P3K tidak boleh dilewatkan.

  • Bawa Snack Favorite

Selalu menyediakan makanan ringan untuk perjalanan berlibur, apalagi jika membawa anak-anak yang biasanya mereka akan merasa bosan jika perjalanannya lama. Bawalah makanan ringan secukupnya agar tidak membuat Anda kesulitan saat membawanya.

  • Tentukan Waktu Keberangkatan

Jika mengajak anak-anak untuk berlibur, maka pilihlah hari libur sekolah agar kegiatan belajar mereka tidak terganggu walaupun jika berkunjung ke Pulau Seribu pada saat liburan akan sangat ramai. Agar nyaman selama berlibur, Anda bisa melakukan pemesanan tiket dan penginapan beberapa hari sebelum keberangkatan.

  • Mempersiapkan Kebutuhan Traveling

Kebutuhan selama traveling harus dipersiapkan jauh-jauh hari, seperti pakaian, alas kaki dan juga kebutuhan pribadi lainnya. Semua perlengkapan dan kebutuhan yang akan digunakan saat berlibur sudah tertata dengan rapi dan pastikan tidak ada yang tertinggal.

Baca juga: Tempat Wisata Pulau Seribu Cocok Buat Snorkeling

  • Tentukan Penginapan Paket Keluarga

Pilihlah penginapan yang menyediakan paket keluarga agar istirahat Anda dan keluarga lebih nyaman dalam satu kamar. Selain itu, tempat penginapan yang dekat dengan tujuan wisata juga perlu dipertimbangkan, tentunya untuk menekan biaya pengeluaran berlebih jika harus menggunakan transportasi untuk sampai ke tempat tujuan.

Tips Liburan Murah ke Pulau Seribu

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat pergi ke wisata Pulau Seribu seperti berenang, snorkling, diving dan bermain wahana air lainnya tentunya dengan harga yang terjangkau. Berikut tips hemat biaya ke Pulau Seribu:

  • Mengikuti Open Trip

Beberapa agen wisata biasanya membuka jasa perjalanan dengan tujuan agar pengunjung bisa lebih nyaman selama perjalanan dan berlibur. Dengan mengikuti open trip ini, maka Anda juga dapat menghemat biaya dan tentunya lebih praktis karena semuanya sudah dipersiapkan oleh agen wisata.

Anda juga bisa memesan paket khusus private trip, tentunya dengan menggunakan paket wisata Pulau Seribu yang biayanya lebih hemat jika berangkat bersama grup/keluarga.

  • Pusatkan Kegiatan Liburan di Satu Pulau

Dengan memfokuskan kegiatan liburan hanya di satu pulau maka Anda juga dapat menghemat biaya karena Anda tidak perlu menyewa perahu saat ingin mengunjungi pulau lainnya. Anda bisa memilih pulau yang menawarkan fasilitas yang menyenangkan dan nyaman saat dikunjungi.

  • Menginap dengan Berkemah

Terdapat banyak destinasi wisata yang perlu Anda kunjungi tentunya membuat Anda harus menginap di pulau tersebut. Untuk menghemat biaya penginapan, maka Anda bisa berkemah dipinggir pantai.

  • Menggunakan Kapal Feri

Perjalanan menggunakan kapal feri akan sangat membantu Anda untuk menghemat budget selama liburan walaupun akan menempuh perjalanan yang cukup lama namun lebih hemat jika dibandingkan dengan menyewa kapal boat.

  • Memilih Restoran yang Tepat

Memilih tempat makan yang jauh dari pantai bisa menjadi cara untuk menghemat budget saat liburan. Tempat makan yang berada dekat dengan pantai biasanya menawarkan harga yang lebih mahal karena disuguhkan juga dengan pemandangan pantai yang indah.

Dengan adanya tips hemat ke Pulau Seribu tersebut, maka Anda dapat berlibur dengan nyaman dan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Liburan ke tempat wisata Pulau Seribu akan tetap terasa menyenangkan tanpa harus memikirkan pengeluaran yang berlebih.

(OC/2024)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *