Berkunjung ke Pulau Seribu, Pulau dengan Seribu Keindahan

Salah satu wisata hits yang dekat dengan Jakarta adalah Kepulauan Seribu. Seperti namanya, kawasan wisata ini juga menawarkan seribu keindahan alam yang akan menghipnotis mata yang memandangnya. Tidak heran jika banyak yang memilih paket wisata Pulau Seribu untuk menghabiskan waktu liburan.

Kepulauan Seribu sendiri terdiri dari beberapa gugus pulau, baik yang berpenghuni maupun pulau kosong. Wisatawan dapat memilih paket wisata dengan perjalanan ke beberapa pulau untuk menikmati ragam pesona yang ditawarkan kawasan wisata ini.

Ragam Pesona Wisata Kepulauan Seribu

Lalu, apa saja daya tarik dari wisata Pulau Seribu? Berikut ulasannya.

1. Pantai berpasir putih

Kepulauan Seribu memiliki sederet pulau cantik dengan pemandangan pantai berpasir putih. Sangat mudah untuk mendapatkan pemandangan eksotis tersebut seperti di Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan Pulau Dolphin.

Sebagian besar pulau yang ada di kawasan ini juga termasuk pulau-pulau kecil. Jadi cocok untuk Kamu yang ingin menjelajah pulau atau island hoping saat berlibur ke Kepulauan Seribu. Masing-masing pulaunya pun memiliki karakteristik dan daya tarik yang berbeda-beda.

Namun yang paling menarik terutama untuk pemandangan pasir putih ada di Pulau Gosong Perak. Destinasi wisata pulau ini merupakan area pasir timbul yang hanya akan terlihat saat air laut surut. Selain menikmati pemandangan indahnya, tempat ini juga bisa menjadi destinasi menarik untuk Kamu yang berburu spot foto yang instagramable.

2. Keindahan bawah laut

Keindahan wisata Pulau Seribu tidak hanya di darat saja tetapi juga di bawah lautnya. Wisata bawah laut termasuk dalam itinerary beberapa paket wisata Pulau Seribu yang disediakan. Kawasan ini terkenal dengan lautnya yang indah dan airnya yang jernih bebas polusi.

Biasanya wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan cara berenang, Snorkeling, atau diving. Terdapat banyak spot Snorkeling yang menyuguhkan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.

Selain di perairan Pulau Tidung, spot Snorkeling yang cukup memikat wisatawan ada di perairan sekitar Pulau Semak Daun, Pulau Genteng, dan Pulau Macan. Kamu bisa melihat ikan badut dan ikan-ikan lucu lainnya yang berenang bebas di sekitar karang.

3. Penangkaran Elang Bondol

Elang Bondol merupakan satwa langka yang sekaligus menjadi maskot dari DKI Jakarta. Hewan yang terkenal dengan sayapnya yang kuat ini memiliki habitat di daerah pesisir. Elang Bondol biasanya hidup di sekitar tepi laut, di muara sungai, dan di sekitar hutan mangrove.

Cukup sulit untuk bisa melihat hewan ini di alam bebas. Namun tidak berlaku jika Kamu liburan ke Kepulauan Seribu khususnya di daerah Pulau Kotok. Pulau ini memang dijadikan sebagai kawasan konservasi untuk pelestarian elang bondol.

Pulau yang dapat diakses sekitar 45 menit dari Pulau Harapan ini pun menjadi salah satu destinasi wisata alam dan edukasi. Selain melihat elang bondol, Pulau Kotok pun dapat menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset.

4. Fasilitas cottage yang instagenik

Pemandangan cottage yang dibangun mengapung di perairan dekat pulau dan dihubungkan dengan jembatan kayu tidak hanya ada di Maldives. Kepulauan Seribu juga memiliki destinasi wisata dengan suasana yang tidak jauh berbeda.

Cottage yang merupakan bangunan penginapan untuk wisatawan menghadirkan pemandangan keren yang menambah daya tarik wisata Pulau Seribu. Bagi wisatawan yang ingin mencari tempat seperti ini bisa langsung menuju ke Pulau Ayer.

Penginapan dengan tema resort pantai yang mewah ini memiliki fasilitas yang lengkap. Kamu bisa menikmati ruangan penginapan dengan pendingin udara atau AC, shower, hingga ATM. Sayangnya untuk perairan di sekitar Pulau ini tidak untuk Snorkeling mengingat kondisinya yang cukup tercemar.

5. Wisata sejarah

Melengkapi paket wisata Pulau Seribu yang menawarkan pesona pantai dan pulau eksotis, terdapat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Berada di Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir yang menjadi saksi bisu dari masa lalu saat Batavia masih dikuasai Belanda.

Di Pulau Kelor terdapat bangunan Belanda yang sudah berusia ratusan tahun yaitu Benteng Martello. Beberapa reruntuhan benteng Belanda juga dapat ditemukan di Pulau Onrust. Pulau ini dulunya menjadi ramai dengan aktivitas kapal angkatan laut Belanda.

Kini sisa peninggalan yang bisa dilihat adalah benteng tua dan sebuah meriam berusia lebih dari 17 abad. Selain menelusuri jejak sejarah yang ada di pulau-pulau ini, banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai background foto yang estetik.

6. Penangkaran penyu sisik

Daya tarik lainnya dari wisata Kepulauan Seribu adalah penangkaran penyu sisik. Lokasi penangkaran hewan laut tersebut berada di beberapa titik seperti di Pulau Pramuka, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Semak Daun.

Kamu bisa melihat langsung telur-telur penyu yang dikembangkan biakan di tempat penangkaran ini. Namun wisatawan disarankan untuk tidak terlalu berisik karena saat bertelur, penyu akan lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.

Setelah menjadi tukik atau anak penyu yang sedikit besar, hewan-hewan lucu tersebut akan dilepaskan kembali ke laut. Wisatawan juga bisa ikut membantu proses pelepasan tukik yang memiliki corak khas pada tempurungnya tersebut.

7. Wahana permainan air

Adanya fasilitas water sport di kawasan wisata Kepulauan Seribu juga semakin menambah daya tarik sehingga banyak wisatawan yang datang. Wahana olahraga air seperti jet ski, aqua board, kano, knee board dan banana boat dapat dijumpai di beberapa pulau.

Di Pulau Tidung misalnya yang menyediakan wahana banana boat. Ada juga di kawasan Pulau Ayer yang terkenal dengan penginapan terapung, memiliki fasilitas jet ski untuk Kamu yang ingin memacu adrenalin.

Wahana olahraga air memang tidak terpusat di satu daerah saja sehingga wisatawan perlu menyeberang ke pulau lain jika ingin mencoba wahana yang berbeda. Namun untuk water sport yang lebih lengkap bisa ditemukan di Pulau Sepa. Fasilitas yang disediakan di pulau ini meliputi water ski, aqua board, jet ski, dan knee board.

8. Hutan mangrove yang asri

Pesona wisata Kepulauan Seribu juga ada pada kawasan hutan mangrove yang ada di beberapa pulau. Salah satunya ada di Pulau Pari yang terbentuk secara alami dengan luas kurang lebih 10 hektar. Menariknya di kawasan hutan bakau ini terdapat tiga terowongan yang bisa digunakan untuk wisatawan menyusuri hutan menggunakan sampan.

Waktu terbaik untuk mencoba aktivitas ini adalah saat air laut pasang. Jika air laut surut, maka akan sulit untuk diakses menggunakan sampan karena akar-akar mangrove yang cukup rimbun. Kamu bisa naik sampan dengan penumpang sekitar 8 orang.

Itulah beberapa daya tarik yang ditawarkan wisata Pulau Seribu. Jika bingung akan ke pulau mana saja, Kamu cukup memilih paket wisata Pulau Seribu terbaik yang disediakan agen perjalanan. Lebih mudah dan tentunya kamu akan mendapatkan paket perjalanan yang lebih lengkap sehingga dapat mengeksplor lebih banyak pesona Pulau Seribu.

(OC/2022)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *