Apa Saja Destinasi Menarik di Wisata Pulau Seribu?

Kepulauan Seribu adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di dekat Jakarta. Tempat ini dapat diakses dengan menyeberang dari Pelabuhan Muara Angke menggunakan kapal. Biaya penyeberangan ini biasanya sudah termasuk dalam paket wisata Pulau Seribu yang disediakan agen perjalanan. Lamanya penyeberangan tergantung dari pulau tujuan yang akan pertama dikunjungi.

Menjelajahi Destinasi Wisata di Kepulauan Seribu

Bagi Anda yang perlu pernah ke pulau seribu, ada banyak gugusan pulau yang menawarkan pesona dan daya tariknya masing-masing. Berikut beberapa destinasi menarik di Kepulauan Seribu yang cocok untuk melepas penat dan bisa Anda kunjungi.

1. Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan destinasi wisata Kepulauan Seribu yang menarik untuk dikunjungi. Menyuguhkan pemandangan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih kebiruan. Tidak kalah juga dengan panorama bawah lautnya yang menghadirkan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan menggemaskan.

Pulau ini banyak direkomendasikan terutama untuk Anda yang ingin Snorkeling. Beberapa spot Snorkeling paling eksotis di kawasan wisata Kepulauan Seribu ada di Pulau Harapan. Lokasinya cukup jauh dari Jakarta namun hal tersebut memberi keuntungan karena Anda bisa menikmati suasana alam yang benar-benar tenang dan jauh dari keramaian Jakarta.

2. Pulau Perak

Wisata alam yang eksotis dapat Anda temui di Pulau Perak yang memiliki pantai berpasir putih. Berpadu indah dengan air lautnya yang benih dengan gradasi warna bening, hijau toska, hingga biru. Selain pemandangannya yang memukau, suasana di pulau ini pun sangat asri dan tentunya cukup bersih dari polusi.

Wisatawan yang mengunjungi pulai di sisi utara ini dapat menghabiskan waktu untuk bersantai. Jika ingin ke tempat ini, maka wisatawan harus menuju ke Pulau Harapan terlebih dahulu. Perjalanan dari Pulau Harapan ke Pulau Perak memakan waktu kurang lebih 30 menit.

3. Pulau Tidung

Dari sekian banyak destinasi dalam paket wisata Pulau Seribu, Pulau Tidung menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Terdapat Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil yang dihubungkan dengan sebuah jembatan ikonik. Jembatan Cinta Pulau Tidung adalah spot wajib untuk Anda datangi.

Selain berjalan-jalan melintasi jembatan yang diapit pemandangan pulau cantik, Anda juga bisa berburu sunset indah di tempat ini. Buat Anda yang ingin seru-seruan juga tidak perlu khawatir karena ada beberapa wahana permainan air yang disediakan seperti banana boat.

4. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin menawarkan pesona keindahan yang tidak kalah dengan Pulau Tidung atau pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Namun untuk Pulau Dolphin ini sendiri cukup sepi sehingga lebih pas untuk Anda yang ingin merasakan sensasi camping di alam bebas.

Walaupun pulau ini tidak terlalu luas, pesona wisata bahari disini akan memukau para wisatawan. Keindahan dan kekayaan bawah lautnya dapat Anda nikmati dengan cara menyelam atau Snorkeling. Perairannya sangat jernih dan bersih hanya saja Anda perlu berhati-hati dengan keberadaan bulu babi.

5. Pulau Pramuka

Dari beberapa pulau berpenghuni yang ada di kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka menjadi salah satunya. Tempat ini juga menjadi destinasi liburan untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati suasana pantai berpasir putih.

Termasuk salah satu pulau yang memiliki fasilitas memadai sehingga banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini. Wisatawan dapat menghabiskan waktu liburan di Pulau Pramuka dengan berenang, Snorkeling, bermain voli pantai, atau mengunjungi tempat penangkaran penyu.

6. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari menyuguhkan pesona alam yang tidak kalah cantik dengan Pulau Macan atau pulau lainnya. Salah satu daya tarik tempat ini adalah terowongan bawah air yang bisa dilalui oleh wisatawan. Berjalan di bawah air dengan pemandangan ikan-ikan kecil tentu akan menjadi pengalaman menyenangkan dan tidak terlupakan.

Baca juga: Berkunjung ke Pulau Seribu, Pulau dengan Seribu Keindahan

Pulau ini juga bisa menjadi tempat terbaik untuk disambangi jika Anda ingin menikmati panorama sunset yang memukau. Destinasi wisata favorit di Kepulauan Seribu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas yang sudah disediakan termasuk penginapan karena tempat ini sendiri memang dikembangkan sebagai kawasan resort. Jadi mudah untuk Anda mendapatkan tempat bermalam yang nyaman dengan fasilitas lengkap di pulau ini.

7. Pulau Pari

Pulau Pari bisa menjadi pilihan lain paket wisata Pulau Seribu selain Pulau Tidung. Pulau yang menjadi favorit wisatawan untuk melepas penat ini menawarkan pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih. Air lautnya jernih dengan warna kehijauan yang semakin menambah pesona tempat ini.

Anda bisa bermain di sekitar pantai dengan aman karena ombaknya juga relatif tenang. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Jakarta dan biasanya membutuhkan waktu penyeberangan sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke.

8. Pulau Macan

Pulau Macan berada di sisi selatan Pulau Harapan dan menjadi spot terbaik untuk Snorkeling. Perairan di sekitar pulau ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih berwarna biru kehijauan. Semakin menambah eksotis dengan ada beberapa penginapan unik yang menyajikan suasana layaknya liburan di Maldives.

Anda akan menemukan beberapa penginapan sekelas resort di tempat ini. Jadi sebaiknya siapkan budget lebih banyak apabila ingin bermalam di Pulau Macan. Saat sudah terang, Anda bisa kembali menikmati laut seperti bermain kano.

9. Pulau Ayer

Pulau yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan presiden Sukarno ini merupakan tempat wisata yang memiliki banyak resort. Penginapan yang dibangun di atas perairan dangkalnya mengelilingi pulau dengan desain yang unik.

Ada beberapa cottage yang masing-masing dihubungkan dengan jalan setapak kecil dari kayu. Benar-benar menyuguhkan pemandangan yang begitu alami dan jauh dari suasana metropolitan Jakarta. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan ini perlu menyiapkan kocek lebih dalam dibandingkan di penginapan biasa.

10. Pulau Onrust

Di pulau ini Anda akan menemukan bangunan kuno yang merupakan bekas benteng pertahanan Belanda. Jadi tidak hanya wisata pantainya yang cantik, sejarah dari tempat ini juga menjadi daya tariknya.

Pulau yang menjadi cagar budaya ini dulunya menjadi kawasan asrama haji. Tempatnya selalu ramai dengan kapal-kapal angkatan laut Belanda sehingga disebut Onrust atau yang diartikan sebagai pulau yang tidak pernah beristirahat.

11. Pulau Gosong Perak

Pulau ini sedikit berbeda dengan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Gosong Perak merupakan pulau pasir yang hanya akan muncul saat air laut surut. Jadi wisatawan tidak bisa menikmati pasir putihnya ketika air laut sedang mengalami pasang.

Daratan unik ini banyak disukai wisatawan untuk foto-foto kece. Selain itu, perairan di sekitarnya juga bisa menjadi spot Snorkeling untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan bawah lautnya.

Itulah beberapa destinasi menarik yang bisa Anda tuju untuk sejenak melarikan diri dari hiruk pikuk ibu kota. Setiap paket wisata Pulau Seribu tentu menawarkan banyak pilihan paket perjalanan, Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal dan budget yang dimiliki.

(OC/2022)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *