Menikmati Keindahan Wisata Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu pulau yang berpenghuni di kabupaten Kepulauan Seribu. Jaringan yang sama maka butuh waktu sekitar 90 menit dari Jakarta untuk melacak lokasi menggunakan transportasi laut. Karena menjadi salah satu tempat wisata yang populer, saat ini terdapat agen pariwisata yang menawarkan paket wisata Pulau Pari murah yang dapat dipilih.

Tidak kalah dengan pulau lainnya di Kepulauan Seribu, Pulau Pari memiliki daya tarik tersendiri. Dikenal dengan pulau yang memiliki perairan yang jernih, membuat pulau ini dijadikan sebagai objek wisata pantai yang cukup diminati. Tidak perlu khawatir, fasilitas di pulau ini sudah memadai karena sebagian besar penduduk mengelola bisnis homestay atau penginapan untuk para wisatawan.

Daya Tarik Wisata di Pulau Pari

Pulau Pari memiliki sejuta daya tarik yang sangat indah. Ada beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi di Pulau Pari antara lain adalah sebagai berikut.

1. Wisata Pantai Pasir Perawan

Pantai ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup populer di Pulau Pari. Pengunjung bisa mengunjungi pantai ini dengan memilih paket wisata Pulau Pari. Memiliki nama yang cukup unik, konon pantai ini memiliki legenda asal-usul nama dari suatu kisah nyata.

Dari legenda diceritakan bahwa dahulu di daerah tersebut ada seorang putri yang mencintai seorang nelayan. Pada suatu ketika sang nelayan pergi mencari ikan di tengah laut. Sang Putri selalu menunggu kepulangan nelayan itu namun tak kunjung datang juga.

Hingga pada suatu waktu, Putri tersebut selalu menunggu hingga ajal menjemput. Dan konon nelayan pun tidak kembali hingga saat ini. Dari situlah nama pantai Pasir Perawan berasal.

Pantai ini memiliki pasir warna putih yang sangat indah. Selain itu juga dilengkapi dengan aslinya pepohonan bakau yang ada di sekeliling pantai. Hal ini tentunya menambah suasana sejuk di area pantai.

Tiket masuk ke pantai ini sangat murah hanya sekitar Rp5.000 per orang. Biaya para pengunjung tersebut kemudian dialokasikan untuk fasilitas yang tersedia di sana beserta biaya perawatan pantai. Kapan lagi bisa menikmati keindahan pantai pasir putih dengan air yang jernih hanya dengan biaya yang murah.

2. Wisata Pantai Pasir Kresek

Salah satu objek wisata yang populer di Pulau Pari karena sering dijadikan sebagai objek wisata bersama keluarga. Pantai ini memiliki keindahan alam yang masih natural dan tidak tercemar polusi dan kerusakan lingkungan.

Keunikan dari pantai ini yaitu karena dijadikan sebagai tempat untuk menangkal berbagai hewan langka seperti penyu, bulu babi, bintang laut, dan berbagai ikan pari yang warna-warni. Pantai ini memang sengaja digunakan untuk melestarikan berbagai binatang laut yang mulai langka.

Selain itu, para pengunjung bisa menikmati ikan dan tangkapan laut yang langsung dibakar di tepian pantai. Pastinya momen ini akan menambah keseruan selama berwisata ke Pulau Pari. Kapan lagi bisa menikmati lezatnya seafood langsung di pantai sembari menikmati keindahan alam.

3. Wisata Pantai Bintang

Untuk menjangkau Pantai Bintang, butuh menempuh jarak sekitar 400 meter dari titik dermaga Pulau Pari. Pantai yang memiliki julukan Star beach ini sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari.

Selain menyajikan keindahan alam yang memesona, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Para pengunjung bisa beristirahat di gazebo dan hommock yang tersedia di area pantai. Jadi sangat cocok untuk menikmati keindahan pantai sambil bersantai melepas kepenatan.

Uniknya, di pantai ini terdapat sebuah patung yang bentuknya bintang laut. Bahkan patung ini sering dijadikan sebagai spot berfoto dan berselfie ria oleh para pengunjung. Jika datang sore hari dan cuaca mendukung maka bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam.

Saya datang ke Pulau Pari jangan lewatkan mengunjungi pantai yang satu ini. Jadi bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga yang tentunya tidak akan pernah terlupakan. Jangan lupa untuk membawa kamera sehingga berbagai momen dapat diabadikan.

4. Keasrian Hutan Mangrove

Para pengunjung yang datang ke Pulau Pari bisa menikmati keasrian hutan mangrove. Perlu diketahui bahwa tumbuhan mangrove merupakan salah satu tumbuhan yang dilestarikan. Bahkan di beberapa pulau yang ada di kepulauan seribu terdapat tempat konservasi atau penangkaran hutan mangrove.

Di pulau ini bisa jalan-jalan sembari menikmati udara segar dan menyaksikan jejeran tanaman mangrove. Supaya lebih puas menjelajahi hutan mangrove maka bisa menggunakan kapal dengan membayar biaya sebesar sekitar Rp15.000.

Supaya lebih leluasa dalam menikmati berbagai keindahan alam di Pulau Pari ini maka bisa memilih paket wisata Pulau Pari yang sesuai dengan keinginan. Dengan membawa keluarga atau teman maka perjalanan pun akan lebih seru.

5. Dermaga Bukit Matahari

Di pulau ini juga terdapat salah satu objek wisata yang sangat mengagumkan yaitu Dermaga Bukit Matahari. Tempat ini sangat tepat bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit. Seperti halnya namanya, tempat ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise dan sunset.

Banyak para wisatawan yang mengabadikan berbagai momen indah di tempat ini. Misalnya seperti berfoto ketika menikmati senja. Sambil menikmati berbagai keindahan alam yang tersaji, pastinya para pengunjung tidak akan merasa bosan untuk berlama-lama di tempat ini.

Apalagi pemandangan yang disajikan di lokasi dermaga bukit ini sangatlah eksotis. Ada berbagai spot wisata yang memanjakan mata. Ketika mengunjungi Pulau Pari jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

6. Spot Snorkeling

Selain menikmati beberapa objek wisata di atas, melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas seru lainnya. Misalnya seperti menikmati aktivitas snorkling untuk melihat berbagai keindahan hewan-hewan laut di habitatnya. Bagi yang bisa berenang maka boleh mencoba snorkeling di wilayah perairan Pulau Pari.

Untuk yang bisa menyelam, maka bisa lebih mudah untuk mengeksplor keindahan bawah laut dengan diving. Jika tidak kerepotan, maka bisa membawa peralatan snorkeling maupun diving dari rumah. Namun tidak perlu khawatir, karena fasilitas ini juga bisa disewa di lokasi.

Ada pemandangan indah batu karang dan ikan warna-warni yang sangat cantik. Meskipun demikian, para pengunjung tidak boleh seenaknya sendiri untuk menyentuh berbagai hewan atau tumbuhan yang ada di bawah laut.

Ikutilah instruksi dan arahan tourguide mengenai apa saja binatang atau tumbuhan laut yang tidak boleh dipegang. Misalnya ketika diving tidak boleh memegang bulu babi karena jika terkena bulu babi maka bisa membahayakan tubuh.

Untuk menuju area pantai dalam ke tengah lautan, menggunakan perahu sebagai transportasinya. Jika ingin lebih menghemat biaya maka pergilah berwisata bersama rombongan.

Kegiatan snorkeling dan driving juga harus memperhatikan cuaca dan situasi lokasi sekitar. Pengunjung bisa menanyakan kepada tour guide maupun warga sekitar mengenai waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan air ini.

7. Keindahan Lagoan

Ketika mengunjungi Pulau Pari maka jangan melewatkan Lagoan. Lagu Han merupakan area pasir putih yang dikelilingi oleh air yang sangat jernih. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan lautan dari daratan.

Pengunjung bisa menyaksikan secara langsung biota laut yang sangat indah dari daratan pasir putih. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berada di Lagoan. Lokasinya berada di bagian utara Pulau Pari. Para pengunjung bisa menyusuri Lagoan dengan berjalan kaki.

Itulah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Pari. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru maka bisa memilih paket wisata Pulau Pari bersama keluarga, teman, atau pasangan. Masih ada berbagai aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di pulau ini.

(OC/2022)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *