7 Destinasi dan Aktivitas Wisata di Pulau Pari

Salah satu pulau wisata yang banyak dikunjungi wisatawan khususnya yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya adalah pulau Seribu. Wisata Pulau Pari merupakan sebuah obyek wisata yang asyik untuk dikunjungi bersama keluarga karena memiliki kesan tersendiri. Ada banyak obyek wisata yang direferensikan di pulau Seribu dengan beragam aktivitas wisatanya yang menyenangkan untuk diikuti.

Rekomendasi Obyek Wisata Pulau Pari Beserta Aktivitas Wisatanya

Untuk menuju ke Pulau Pari dari kota Jakarta hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 90 menit saja.

Menjadi pulau wisata yang memiliki keindahan Pulau Pari bagaikan sebuah surga kecil yang terletak di ujung bagian utara Jakarta. Ada banyak pesona Pulau Pari yang bisa menjadi destinasi wisata terbaik untuk sekedar melepas lelah dan penat setelah beraktivitas.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ada di wisata Pulau Pari lengkap beserta aktivitas wisata yang bisa dilakukan bersama keluarga.

1. Dermaga Bukit Matahari

Adalah sebuah dermaga yang menjadi favorit banyak wisatawan untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari spot terbaik di Pulau Pari.

Di obyek wisata ini wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit, melihat pemandangan alam sekitar dermaga sekaligus merasakan suasana khas laut yang syahdu. Bahkan lokasi obyek wisata ini sering sekali menjadi destinasi utama wisatawan yang ingin hunting sunrise karena memiliki view pemandangan laut yang terbentang luas sehingga kecantikan matahari terbit bisa terlihat sempurna.

2. Wisata Pantai Kresek

Berlokasi tak jauh dari dermaga Bukit Matahari, Pantai ini memiliki hamparan pasir dengan warna coklat pucat dengan pemandangan hutan pinus dan pohon kelapa yang berjejer rapi.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut sekaligus menikmati sejuknya udara laut yang segar. Selain itu pantai ini juga mempunyai area penangkaran hewan laut seperti ikan pari, bintang laut sehingga cocok dikunjungi anak-anak untuk belajar tentang dunia fauna bawah laut khususnya.

3. Pantai Tanjung Rengge

Jika Anda ingin menikmati waktu berkualitas bersama pasangan tercinta, maka pantai ini tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Terdapat padang ilalang dengan pemandangan laut dan sejuknya angin laut bisa menjadikan aktivitas jalan-jalan atau bersepeda jauh lebih berkesan. Pantai yang terbilang baru di kawasan wisata Pulau Pari ini memiliki pemandangan laut yang masih alami, asri sekaligus bebas dari polusi.

4. Hutan Mangrove

Termasuk salah satu destinasi wisata edukasi yang ada di Pulau Pari dengan mempelajari beragam biota laut seperti terumbu karang dan ikan laut yang hidup di pulau tersebut. Dengan latar belakang obyek wisata yang instagrammable yaitu pemandangan hutan mangrove yang bisa mengisi halaman media sosial Anda. Untuk menjelajah wisata hutan mangrove ini bisa dilakukan dengan menaiki perahu yang tersedia untuk wisatawan.

Baca juga: Wahana Apa Saja Yang Ada Di Pulau Pari?

Untuk berkeliling hutan mangrove yang ada di Pulau Pari bisa dilakukan dengan menggunakan perahu yang tersedia lengkap dengan pemandu kapal dengan biaya kurang lebih 10 ribu hingga 15 ribu rupiah per orangnya.

5. Pantai Bintang

Destinasi wisata Pulau Pari yang berikutnya adalah Pantai Bintang yang banyak terdapat banyak sekali jenis bintang laut di tepian Pantai. Anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan laut dengan nyaman di bawah deretan pohon pinus. Pantai ini juga memiliki koleksi terumbu karang dengan keindahannya yang mempesona.

Untuk Anda yang memiliki hobi berpetualang juga sangat tepat untuk berkunjung ke wisata pantai ini. Tersedia ruang khusus untuk camping, ruang bermain anak-anak hingga ruang khusus membaca yang dijamin menjadikan liburan semakin menyenangkan.

6. Pantai Pasir Perawan

Sebuah wisata Pulau Pari yang mempunyai pemandangan eksotis berupa hamparan pasir yang putih bersih, pemandangan pantai yang indah serta suasana yang tak begitu ramai.

Dikenal memiliki arus dalam yang tak begitu deras, pantai ini cukup aman untuk menjadi tempat bermain dan berenang anak-anak. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini diantaranya adalah snorkeling, naik perahu kano, memancing hingga camping dengan tersedianya persewaan tenda untuk wisatawan.

Memancing menjadi salah satu aktivitas wisata yang juga banyak dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari. Terdapat beberapa jenis ikan yang bisa dipancing di pulau ini diantaranya adalah ikan kembung, barakuda dan kakap merah. Hal tersebut juga yang menjadi alasan Pulau Pari banyak dikunjungi para nelayan yang berasal dari berbagai daerah Indonesia.

7. Pantai LIPI

Adalah sebuah destinasi wisata edukasi berikutnya yang dikelola langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk kebutuhan penelitian. Semua wisatawan bisa berkunjung ke pulau ini dan melakukan pembelajaran berbagai jenis hewan serta biota laut yang ada di Pulau Pari. Selain itu, pemandangan sunset yang ada di pantai ini juga sangat mempesona sehingga sangat sayang jika Anda lewatkan.

Selain wisata Pulau Pari, terdapat beberapa destinasi pulau lainnya di kepulauan seribu yang menjadi tujuan wisata para wisatawan.

Destinasi Wisata Pulau Lainnya di Kepulauan Seribu (Selain Wisata Pulau Pari)

1. Pulau Tidung

Salah satu pulau wisata yang ada di pulau Seribu dengan pemandangan laut biru yang sangat eksotis. Untuk bisa menjelajah pulau hingga puas, wisatawan bisa menggunakan transportasi utama yang tersedia yaitu sepeda. Di pulau ini, wisatawan juga bisa naik banana boat, snorkeling, melihat tempat penangkaran penyu, ikan serta terdapat museum kelautan dengan koleksi biota laut yang lengkap.

2. Pulau Untung Jawa

Sebuah pulau yang ada di kepulauan Seribu yang bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 30 menit dari Tanjung Pasir. Anda akan disuguhi dengan hamparan pasir putih yang mempesona dan pemandangan hutan bakau yang menghijau alami.

Menjelajah hutan bakau yang lebat menjadi petualangan berkesan, terutama karena adanya jalan gantung yang disediakan untuk wisatawan yang ingin menikmati sejuk dan indahnya hutan bakau.

Baca juga: Menikmati Keindahan Wisata Pulau Pari

Pulau Untung Jawa ini mempunyai luas pulau sekitar 2,5 ha dengan beberapa spot wisata yang indah seperti hutan mangrove, pantai pasir Sakura dan pantai dermaga untuk nikmati pemandangan sunset serta sunrise.

Tersedia beberapa permainan air yang menarik seperti banana dan donat boat, serta snorkeling yang cukup seru. Menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun rekan kerja.

3. Pulau Pramuka

Selain Wisata Pulau Pari, wisata lainnya yang direkomendasikan adalah pulau Pramuka yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk melakukan aktivitas menyelam dan menikmati pemandangan terumbu karang yang ada disana. Terdapat banyak sekali jenis karang, jenis ikan serta pari manta dan penyu yang menarik untuk dilihat selama menyelam.

Agar puas menikmati pengalaman berwisata di Pulau Pari disarankan untuk menginap sehari atau 2 hari. Meski Pulau Pari tak memiliki luas pulau yang besar, namun untuk bisa menikmati setiap momen berlibur disana perlu waktu berkualitas untuk liburan yang tak terlupakan. Banyak yang memberikan Tips Wisata Pulau Pari tersebut untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Sekian ulasan tentang wisata Pulau Pari lengkap beserta aktivitas yang bisa Anda lakukan disana. Pastikan untuk membawa perlengkapan berlibur sesuai kebutuhan, terutama jika Anda membawa serta keluarga besar untuk berlibur.

Wisata di kepulauan Seribu juga sudah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti penginapan, rumah makan, rumah ibadah, toilet dan kamar mandi untuk kenyamanan pengunjung wisata.

(OC/2023)

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *