Wisata Pulau Harapan, Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan Disana?

Pulau Harapan merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang ada di Kepulauan Seribu. Paket wisata Pulau Harapan dapat menjadi pilihan liburan bagi warga Jakarta dan Sekitarnya. Ada banyak hal menarik yang dapat ditemukan di Kelurahan Harapan yang memiliki 30 gugusan pulau ini.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Harapan

Wisata ke Pulau Harapan tentunya akan memberikan banyak pengalaman terlebih lagi di kawasan ini hanya 2 pulau yang berpenghuni dan sisanya merupakan pulau kosong. Wisatawan dapat menjelajah pulau (island hoping) dengan lebih leluasa. Namun tidak hanya jalan-jalan saja, beragam aktivitas seru dan menyenangkan dapat dilakukan di sana seperti beberapa kegiatan berikut.

1. Jelajah pulau

Island hoping atau kegiatan menjelajahi pulau adalah aktivitas yang cukup menyenangkan untuk dilakukan selama liburan di Pulau Harapan. Apalagi tidak hanya satu tetapi ada beberapa pulau yang begitu alami karena tidak adanya penduduk. Wisatawan dapat lebih bebas untuk menikmati pulau yang menyuguhkan panorama pantai eksotis.

Tidak hanya di Pulau Harapan saja tetapi pengunjung juga bisa menjelajahi beberapa pulau menarik seperti Pulau Dolphin, Pulau Bulat, Pulau Perak, dan masih banyak lagi lainnya. Di pulau-pulau tersebut, Anda bisa bersantai sejenak menikmati pantai berpasir putih dengan laut yang bersih dan jernih.

Jika Anda tertarik untuk melihat-lihat keindahan pulau di kawasan wisata ini, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan pelindung seperti topi dan kacamata hitam. Gunakan sunblock sebelum Anda panas-panasan di pantai atau selama menjelajah pulau di sini karena saat siang hari yang cukup terik.

2. Snorkeling

Seperti di pulau-pulau yang ada di kawasan Kepulauan Seribu yang menyuguhkan wisata bahari yang menarik. Pulau Harapan juga memiliki ragam wisata pantai dan laut yang menyenangkan. Bagi para pecinta bawah laut dapat mengeksplorasi beberapa area menarik yang ada di wisata Pulau Harapan.

Terdapat spot Snorkeling menarik yang dapat menawarkan keindahan dan beragam kekayaan bawah laut. Pesona keindahannya tersebut masih terjaga dengan baik sehingga memberikan pengalaman Snorkeling yang tidak terlupakan. Terlebih lagi airnya yang jernih semakin membuat pesona bawah lautnya terpancar.

Dari puluhan pulau yang ada di kawasan wisata Pulau Harapan, spot Snorkeling terbaik ada di perairan sekitar Pulau Genteng dan Pulau Macan Gundul. Jika ingin mencoba aktivitas seru ini, Anda cukup memesan paket wisata Pulau Harapan yang menyediakan sarana dan waktu untuk Snorkeling.

3. Melihat penangkaran penyu

Aktivitas menarik yang bisa dicoba berikutnya adalah melihat penangkaran penyu yang ada di Pulau Kelapa Dua. Di tempat inilah penyu sisik dikembangbiakkan di penangkaran untuk kemudian dilepas liarkan ke alam bebas setelah dewasa. Pengunjung dapat melihat langsung proses pembiakan di penangkaran mulai dari telur penyu.

Selain melihat penyu, wisatawan juga bisa ikut mendonasikan dana untuk sumbangan program pembiakan satwa laut ini. Beralih ke Pulau Kotok di wisata Pulau Harapan yang bisa dikunjungi untuk melihat penangkaran hewan langka yakni Burung Elang. Burung yang merupakan maskot dari Kota Jakarta ini bisa dilihat di area penangkaran.

4. Hunting sunset

Pemandangan indah memang akan disuguhkan langsung saat Anda menginjakkan kaki di Pulau Harapan. Namun tunggu hingga senja, maka panorama alam yang lebih spektakuler akan tersaji untuk Anda nikmati. Pulau Harapan merupakan spot menarik untuk menikmati sunset.

Baca juga: Mengunjungi Wisata Pulau Harapan Yang Elok

Bagi wisatawan yang bermalam di kawasan wisata ini juga dapat berburu pemandangan tidak kalah indah saat pagi hari. Pemandangan sunrise atau matahari terbit tidak boleh Anda abaikan. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen matahari terbit dengan latar pemandangan laut yang mempesona.

5. Menyusuri hutan mangrove

Di kawasan Pulau Harapan, Anda bisa menemukan juga hutan mangrove yang terhampar di pesisir pantai. Pemandangan hijau nan asri yang disajikan di ujung Pulau Harapan ini tentu bisa dieksplor wisatawan. Anda bisa menyusuri area hutan bakau dengan melewati jembatan kayu yang dibangun melingkari area hutan.

Hutan mangrove ini menjadi pelindung daerah pesisir dari pengikisan air laut. Selain itu, area hutannya ini juga menyediakan tempat tinggal untuk beberapa satwa seperti udang, kepiting, dan ikan yang mendiami perairan di sekitar akar-akar bakau. Tempat ini juga menjadi habitat bagi beberapa burung kecil yang kicauannya akan terdengar dan menambah suasana damai.

Jika paket wisata Pulau Harapan yang Anda pilih menyediakan jadwal melihat hutan bakau, siapkan kamera untuk berfoto ria. Pemandangan hijau hutan bakau berpadu cantik dengan pemandangan laut yang biru sehingga rugi jika tidak diabadikan dalam jepretan kamera.

6. Pesta Barbeque

Aktivitas seru lainnya yang wajib dicoba selama liburan di Pulau Harapan adalah piknik atau makan-makan di dekat pantai. Kegiatan ini dapat dilakukan pada sore hari menjelang senja sehingga tidak terlalu panas.

Lebih seru lagi jika bisa menjajal pesta barbeque disini dengan rombongan teman atau rekan kerja yang Anda bawa. Anda bisa membakar daging atau ikan-ikan segar untuk nantinya disantap bersama-sama sambil menikmati suasana pantai.

Biasanya untuk paket wisata sudah menyediakan jadwal khusus untuk pesta barbeque termasuk menyediakan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing membawa alat bakar atau mencari bahan-bahan barbeque.

7. Memancing

Pulau Harapan dapat dijangkau dengan menyeberang menggunakan perahu sekitar 3,5-4 jam dari Muara Angke. Sesampainya di pelabuhan Pulau Harapan, Anda bisa sejenak menikmati suasana dermaga dengan duduk-duduk santai menghadap pemandangan laut biru.

Bagi Anda yang hobi memancing juga bisa mencobanya di sekitar tempat ini. Ada beberapa spot memancing untuk wisatawan atau pengunjung yang ingin mencoba keberuntungan menangkan ikan-ikan segar untuk dibakar atau dibawa pulang.

8. Mencoba water sport

Wisata Pulau Harapan memang menyediakan paket lengkap untuk liburan Anda bersama teman atau keluarga. Tidak perlu khawatir bosan karena ada banyak hal seru yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah mencoba beragam wahana permainan air yang ada disana.

Berbagai water sport dapat ditemukan di kawasan wisata Pulau Harapan seperti yang ada di Pulau Putri. Fasilitas olahraga air yang disediakan antara lain banana boat, kano, dan jet ski. Anda bisa mencoba salah satunya atau semuanya yang pasti akan menjadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Apabila Anda memilih paket wisata ke Pulau Harapan, Anda bisa memilih yang menyediakan paket lengkap dengan banana boat seperti di Dinowisata. Aktivitas seru dan menyenangkan untuk naik perahu karet berbentuk pisang yang akan membawa Anda ke tengah laut. Sensasi jatuh dari banana boat dijamin akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya.

Itulah berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan selama berlibur ke Pulau Harapan. Jika Anda ingin paket wisata Pulau Harapan yang lebih hemat, sebaiknya datang secara rombongan. Selain itu, mengunjungi Pulau Harapan bersama teman juga akan memberikan pengalaman liburan yang lebih seru.

(OC/2022)

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *