13 Tips dan Persiapan Liburan di Pulau Harapan

Banyak orang ingin melakukan perjalanan liburan yang hemat, simpel namun tetap memuaskan. Seperti halnya jika Anda memilih untuk berlibur ke Pulau Harapan, maka ada banyak tips wisata Pulau Harapan. Menjadi salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu yang bisa dijangkau dalam waktu singkat, biaya hemat namun sangat memuaskan untuk dikunjungi.

Tips Berlibur dan Wisata ke Pulau Harapan

Berwisata bersama keluarga maupun orang tercinta sebaiknya dilakukan dengan persiapan yang matang. Bahkan meski Anda sudah pernah berkunjung ke sana sekalipun, mempersiapkan perjalanan wisata dengan sebaik-baiknya akan membuat liburan terasa lebih memuaskan.

Ada banyak tips wisata Pulau Harapan dan persiapan liburan yang dibagikan oleh para pengunjung wisata yang sudah pernah datang berkunjung ke Pulau Harapan.

1. Ketahui budget liburan yang tersedia

Sebelum berlibur, Anda harus tahu berapa anggaran biaya yang tersedia untuk liburan Pulau Harapan. Setelah itu mulai hitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Pulau Harapan dari mulai kebutuhan transportasi, akomodasi dan lainnya secara menyeluruh. Anda juga bisa menggunakan layanan jasa paket perjalanan wisata jika tak ingin pusing mengatur budget liburan.

2. Bawa perlengkapan sesuai kebutuhan

Masing-masing pengunjung wisata pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, maka dari itu pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi atau lainnya yang dibutuhkan selama perjalanan. Diantaranya seperti baju ganti, alat mandi dan kebersihan, obat-obatan pribadi, serta perlengkapan lainnya yang sekiranya tak tersedia di area pulau. Sementara untuk kebutuhan makanan dan minuman sudah banyak warung yang menyediakan sesuai selera.

3. Menginap atau kemping

Berlibur ke Pulau Harapan jauh lebih memuaskan jika Anda menghabiskan malam hari di sana. Anda bisa memilih untuk menginap di penginapan, homestay atau mendirikan kemah di pulau sekitarnya. Apalagi jika Anda bepergian di musim liburan di mana biasanya penginapan penuh, maka menginap dengan cara kemping menjadi alternatif terbaik.

Baca juga: Menilik Keindahan Wisata Pulau Harapan

Meski begitu tetap pertimbangkan sisi baik dan buruknya, terutama jika Anda membawa serta anak-anak dalam perjalanan liburan. Tentunya menginap di homestay atau penginapan jauh lebih nyaman dan aman untuk pengunjung wisata anak-anak. Kemping biasanya dilakukan oleh orang dewasa, meski anak-anak pun bisa melakukannya dengan persiapan matang.

4. Sewa perahu untuk jelajah pulau

Jika ingin puas menjelajah pulau yang ada di sekitar, tips wisata Pulau Harapan berikutnya Anda bisa menyewa perahu dengan pengemudinya yang siap mengantarkan ke mana pun tujuannya di Kepulauan Seribu. Anda akan diajak berkeliling melihat pemandangan yang ada di sekitar Pulau Harapan dan pemandangan laut yang cantik memesona. Jika Anda ingin menuju satu pulau tertentu, perhitungkan biaya parkir kapal juga, karena biaya retribusi ditanggung penumpang kapal.

5. Wisata backpacker alternatif wisata hemat

Untuk Anda yang ingin berwisata dengan hemat, maka direkomendasikan untuk melakukan perjalanan wisata ala backpacker. Jenis perjalanan wisata ini terbilang cukup hemat karena membawa perlengkapan secukupnya, melakukan perjalanan dengan transportasi umum dan perjalanan dilakukan secara mandiri. Namun dibutuhkan mental yang kuat dan siap karena akan ada banyak kendala selama perjalanan terutama jika dilakukan tanpa persiapan matang.

6. Jangan lewatkan pengalaman snorkeling dan scuba diving di Pulau Harapan

Pulau Harapan memiliki pesona keindahan taman bawah laut yang bisa dinikmati pengunjung wisata dengan snorkeling dan scuba diving. Tips wisata Pulau Harapan berikutnya adalah Anda bisa menyewa perlengkapan untuk melakukan kegiatan snorkeling atau scuba diving dengan aman. Untuk Anda yang tak bisa berenang sekalipun juga masih tetap bisa menikmati keindahan taman bawah laut dengan menggunakan baju pelampung dan bimbingan pemandu snorkeling yang andal.

7. Hindari perjalanan wisata 1 hari

Meskipun berwisata ke Pulau Harapan bisa dilakukan dalam jangka waktu 1 hari, namun banyak yang merasa tak puas dengan keterbatasan waktu tersebut. Sehingga sangat disarankan untuk bisa berwisata ke Pulau Harapan dengan menyediakan waktu sekitar 2-3 hari sehingga bisa lebih puas menikmati destinasi wisata.

Bukan hanya menjelajah Pulau Harapan saja yang membutuhkan waktu lama, namun pastinya Anda juga akan penasaran untuk berkunjung ke berbagai pulau cantik yang ada di sekitar Pulau Harapan.

8. Ketahui larangan untuk wisatawan

Di Pulau Harapan ada beberapa larangan yang harus diperhatikan dan dipatuhi oleh setiap pengunjung wisata. Diantaranya larangan untuk membuang sampah sembarangan serta larangan menginjak terumbu karang dan mengeluarkan biota laut dari dalam air. Jika Anda melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan jasa paket perjalanan, biasanya akan mendapatkan peringatan dari pemandu wisata yang bertugas mendampingi wisatawan.

9. Perhatikan peringatan

Untuk kegiatan snorkeling atau scuba diving, banyak yang memberikan peringatan untuk lebih berhati-hati pada bulu babi. Hewan bulu babi banyak terdapat di perairan sekitar Pulau Harapan, sehingga jika Anda melakukan snorkeling atau scuba diving tanpa menggunakan peralatan yang memadai maka berisiko terkena bulu babi.

Baca juga: Wisata Pulau Harapan, Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan Disana?

Pada tips wisata Pulau Harapan disebutkan jika terkena bulu babi untuk segera memukul-mukul bagian yang terkena duri untuk mematikan durinya kemudian menyiramnya dengan air seni (kencing) yang mengandung amoniak sehingga bisa meminimalisir efek sampingnya.

10. Cari tahu spot sunrise dan sunset terbaik

Salah satu kegiatan wisata yang banyak dicari wisatawan adalah berburu spot sunrise dan sunset terindah di Pulau Harapan. Sebelumnya cari tahu terlebih dahulu di manakah spot terbaik untuk mendapatkan momen sunrise dan sunset terbaik kemudian persiapkan diri untuk menuju ke lokasi tersebut. Salah satu spot terbaik yang direkomendasikan adalah pada deretan hutan mangrove atau bakau yang terletak di bagian ujung pulau yang berhadapan langsung dengan Pulau Kelapa.

11. Berbincang dengan penduduk lokal

Tak ada salahnya membuka pembicaraan dengan penduduk lokal atau nelayan yang kebetulan bertemu dengan Anda saat sedang menikmati wisata. Berbincang dengan penduduk asli Kepulauan Seribu bukan hanya menambah wawasan seputar pulau tersebut, Anda akan jauh lebih mengenal mereka bahkan juga bisa mendapatkan rekomendasi wisata atau kuliner terbaik. Tak jarang, Anda juga akan mendapatkan info harga sehingga terhindar dari ulah penjual makanan yang mematok harga terlalu mahal.

12. Mencicipi kuliner khas Pulau Seribu

Kuliner khas Pulau Seribu tentu saja mayoritas terbuat dari bahan seafood. Menariknya Anda bisa langsung memilih bahan yang segar kemudian penjualnya akan segera mengolah bahan makanan dengan resep sesuai yang dipesan. Olahan kuliner lezat yang disantap di tepi pantai ditemani suara debur ombak serta semilir angin laut yang segar pastinya akan membuat momen tersebut akan dirindukan.

13. Ikuti petunjuk pemandu wisata

Kemudian tips terakhir adalah selalu mengikuti instruksi atau petunjuk dari pemandu wisata yang ada. Bahkan meski Anda melakukan perjalanan secara mandiri sekalipun, selalu memperhatikan instruksi pemandu wisata atau peringatan warga lokal akan sangat bermanfaat untuk Anda. Misalnya ketika ada peringatan jam kapal berangkat, hujan atau kondisi cuaca yang akan datang dan sebagainya.

Demikian pembahasan singkat untuk tips wisata Pulau Harapan dan persiapan yang bisa dilakukan untuk berlibur ke Pulau Harapan. Pastikan untuk memilih paket wisata Pulau Harapan dari agen perjalanan wisata yang terpercaya untuk mendapatkan pengalaman liburan yang aman serta nyaman.

(OC/2023)

5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *