Tempat Wisata Di Pulau Pramuka: Perjalanan dan Aktivitas Menarik

Tempat wisata di Pulau Pramuka ini merupakan salah satu destinasi wisata dengan waktu singkat yang biasanya dipilih oleh masyarakat Jakarta. Nama pulau ini sendiri terdengar unik dan selalu dilirik oleh wisatawan. Tapi sebenarnya pulau Pramuka ini sedari dulu sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang menarik bahkan bukan untuk warga Jakarta saja.

Mengenal Pulau Pramuka

Pulau Pramuka ini sendiri masih termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu, tapi menjadi pusat pemerintahan dari kabupaten Kepulauan Seribu. Kalau secara administratif sebenarnya lokasi dari pulau Pramuka ini ada di kelurahan Pulau Panggang kecamatan Kepulauan Seribu Utara kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Pulau Pramuka ini memiliki penduduk sekitar 2000 jiwa dan memiliki banyak bangunan perkantoran dan menjadi tujuan penduduk pulau lain untuk urusan dengan pemerintahan.

Pulau Pramuka ini dulunya lebih dikenal dengan nama pulau Elang, karena ada banyak sekali Elang Bondol yang ditemukan di pulau tersebut. Tapi sejak dibangun perkampungan dan pedesaan, secara alami elang-elang tersebut pun menghilang. Nama Pramuka sendiri muncul karena pulau ini dulunya menjadi tempat untuk kegiatan kepramukaan saat Jakarta belum memiliki bumi perkemahan.

Daya Tarik Utama Pulau Pramuka

Daya tarik utama dari pulau Pramuka sudah pasti adalah keindahan alam yang dimiliki oleh pulau tersebut, terlebih karena pulaunya itu cukup luas. Pulau yang luas membuat garis pantai pun jadi lebih panjang, dan dihiasi dengan pasir putih yang memang sangat menawan. Pantai di pulau Pramuka memiliki ombak yang tenang, sehingga tempat wisata di pulau Pramuka ini aman untuk anak-anak.

Banyak juga daya tarik lainnya dari pulau Pramuka seperti misalnya ekowisata, lalu ada juga penangkaran penyu yang bisa kalian kunjungi. Ada juga wisata edukasi seperti misalnya area konservasi Mangrove dan tempat penangkaran hiu dan penyu.

Perjalanan Menuju Pulau Pramuka

Untuk mencapai pulau Pramuka sendiri sebenarnya tidak sulit, karena akomodasi yang tersedia itu sudah cukup lengkap dan berkualitas. Ada 2 cara yang bisa dipakai untuk menyeberang ke pulau Pramuka ini dan menikmati berbagai tempat wisata di Pulau Pramuka terindah ini. Berikut ini penjelasan caranya dan kemungkinan biaya yang harus dibayar ketika berkunjung ke sana.

Menggunakan Kapal Ferry Kayu

Cara pertama yakni dengan mempergunakan kapal ferry kayu yang memang memiliki biaya yang paling murah untuk menyeberang ke pulau Pramuka. Kalian bisa mencari kapal ferry kayu di pelabuhan Kali Adem Muara Angke.

Baca juga: Libur Telah Tiba! Pulau Pramuka Destinasi Wisata Yang Pas!

Menggunakan kapal Ferry yang ada pelabuhan Kali Adem yang biayanya cukup hemat. Biaya yang harus dibayarkan mencapai tempat wisata di pulau Pramuka dengan mempergunakan kapal Ferry itu adalah 82 ribu per orang. Harga tersebut sudah tidak perlu membayarkan asuransi lagi karena sudah termasuk di tiket kapal.

Menggunakan Speed Boat

Cara kedua menggunakan speed boat yang memang paling nyaman dari cara lainnya dan juga paling cepat sampai. Tapi memang biaya yang harus dikeluarkan itu cukup mahal ya, biayanya itu sekitar 200 ribu per orangnya. Kalian bisa mempergunakan speed boat untuk sampai di pulau Pramuka ini melalui dermaga Marina di Ancol.

Waktu tempuh perjalanan menuju ke pulau Pramuka dengan speed boat itu cukup cepat yakni sekitar 1,5 jam saja.

Aktivitas Yang Menarik

Sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik, Pulau Pramuka ini memiliki cukup banyak aktivitas yang seru dan menarik untuk dilakukan. Tempat wisata di Pulau Pramuka Instagramable itu cukup banyak, dan banyak kegiatan yang bisa dipakai untuk berfoto. Saat berlibur tentunya bukan hanya bersantai saja yang bisa dilakukan, banyak sekali kegiatan seru dan menghibur yang bisa dilakukan.

Berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan di beberapa rekomendasi tempat wisata di pulau Pramuka ini.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Aktivitas pertama yang bisa kalian lakukan yakni menikmati sunrise dan juga sunset yang sudah pasti terlihat sangat indah di pulau ini. Garis pantai di sekitar pulau Pramuka ini memiliki hamparan pasir putih yang indah dan latar belakang hutan yang teduh. Suasana dari pulau Pramuka ini memang sangat romantis dan sangat mendukung untuk menikmati sunrise dan juga sunset.

Kalian bisa berkunjung ke tempat ini bersama dengan keluarga atau juga bersama dengan pasangan untuk menciptakan nuansa yang romantis.

Baca juga: Asyiknya Berlibur Ke Pulau Pramuka

Menikmati Watersport yang Beragam

Pulau Pramuka ini pun memiliki cukup banyak wahana watersport yang menarik dan bisa memicu adrenalin kalian selama liburan. Kalian bisa menikmati wahana Watersport ini bersama dengan keluarga untuk mendapatkan kenangan yang menarik selama liburan. Berikut kami akan jelaskan daftar harga sewa beberapa wahana watersport yang tersedia di Pulau pramuka.

  1. Wahana cano terdapat single cano yang bisa disewa dengan harga 35 ribu per buah dan untuk double cano harganya sewanya itu 50 ribu.
  2. Untuk wahana banana boat dan donat boat bisa disewa dengan harga sekitar 35 ribu per orangnya.
  3. Lalu ada perahu nelayan yang bisa disewa dengan oleh wisatawan. Biaya untuk sewanya sendiri itu sekitar 500 ribu, jadi kalian bisa berkeliling tempat wisata di Pulau Pramuka dengan perahu.

Berkeliling Kawasan Pulau Pramuka

Aktivitas ketiga yakni berkeliling di pulau Pramuka untuk melihat pemandangan alam, situasi pulau Pramuka, dan juga kehidupan sosial. Kalian bisa berkeliling dengan mempergunakan sepeda yang disewakan dengan biaya yang cukup terjangkau 25 ribu untuk satu jam. Kalian bisa mengelilingi berbagai spot menarik seperti penangkaran penyu dan lain sebagainya.

Diving dan Snorkeling

Aktivitas keempat yang tidak boleh sampai terlewatkan itu adalah diving dan snorkeling yang ada di pulau Pramuka ini. Keindahan bawah laut yang sangat menarik dengan hiasan terumbu karang dan ikan hias itu memang wajib kalian nikmati. Kalian tidak perlu khawatir bila tidak membawa peralatan, karena ada sewa peralatan snorkeling dengan harga 35 ribu saja.

Camping

Camping menjadi salah satu aktivitas yang menarik juga untuk dilakukan di pulau Pramuka, meskipun ada banyak penginapan. Keindahan alam yang ditawarkan itu membuat camping di pulau ini jadi sangat menarik, kalian bisa menikmati sunrise dan sunset juga. Pemandangan laut dan juga rindangnya pepohonan akan menghiasi aktivitas camping kalian di pulau Pramuka.

Banyak paket wisata ke pulau Pramuka ini, tapi pastikan kalian kenali dulu tempat wisata di pulau Pramuka ini sebelum kalian berkunjung ke sana.

(OC/2022)

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *