Liburan ke Wisata Pulau Tidung

Warga Jakarta dan sekitarnya saat ini jika ingin liburan ke tempat yang asri dan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota maka bisa memilih wisata Kepulauan Seribu. Di Kepulauan Seribu terdapat salah satu pulau yang sangat indah yaitu Pulau Tidung. Banyak orang yang memilih paket wisata Pulau Tidung ketika hendak liburan ke tempat ini.

Pulau ini menjadi salah satu pilihan utama ketika berwisata ke Kepulauan Seribu. Disini tersedia fasilitas yang lengkap seperti tempat makan dan penginapan. Ada juga terdapat Pulau Tidung kecil yang tidak berpenghuni karena dijadikan sebagai kawasan konservasi untuk mengembangbiakkan ilalang dan mangrove. Pantai di pulau ini memiliki pasir putih yang sangat indah.

Tentang Pulau Tidung

Kepulauan Seribu tentunya sudah tidak asing lagi terdengar sebagai salah satu tempat wisata yang memukau. Di pulau ini terdapat gugusan pulau yang sangat indah salah satunya adalah Pulau Tidung.

Pulau Tidung menjadi salah satu pulau yang populer karena memiliki keindahan alam luar biasa, terutama pantainya. Lokasinya berada di bagian utara kota Jakarta, Pulau Tidung terbagi menjadi dua pulau yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Menurut cerita yang beredar di tengah-tengah masyarakat, kedua pulau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang melintas di perairan Pulau Tidung.

Konon, jembatan yang melintasi perairan Pulau Tidung yang menghubungkan kedua pulau tersebut dapat membawa keberuntungan bagi siapa pun yang berkunjung ke jembatan tersebut. Terutama perihal asmara, siapa pun yang melintasi jembatan tersebut diyakini akan mendapatkan keberuntungan mengenai percintaan.

Tidak heran jika pulau ini banyak dikunjungi oleh eh sepasang kekasih. Sesuai dengan mitos yang beredar, bagi pasangan kekasih yang mengunjungi pulau ini akan diberkati dengan hubungan yang langgeng. Sementara bagi yang baru saja putus bisa mendapatkan ganti yang lebih baik.

Karena popularitas Pulau Tidung, akhirnya banyak para agen wisata yang menawarkan paket wisata murah untuk para pengunjung. Bahkan para pengunjung bisa menikmati keindahan pulau ini selama beberapa hari karena sudah tersedia penginapan yang nyaman.

Pulau Tidung memang cocok menjadi salah satu destinasi wisata untuk warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin membawa pasangan kekasih, teman maupun keluarga. Saat ini tersedia paket wisata Pulau Tidung yang dapat dipilih sesuai keinginan. Tidak perlu khawatir karena Pulau Tidung besar merupakan pulau yang berpenghuni sehingga fasilitasnya memadai.

Keunikan dan Daya Tarik Pulau Tidung

Ada berbagai keunikan dan daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Tidung. Tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk liburan ke pulau ini. Berikut ini merupakan beberapa keunikan yang dimiliki oleh pulau favorit di Kepulauan Seribu.

Baca juga: Menilik Indahnya Wisata Pulau Tidung

1. Love Bridge

Salah satu daya tarik dan keunikan dari Pulau Tidung yaitu karena terdapat jembatan cinta. Pada dasarnya, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Bahkan dapat dikatakan bahwa jembatan cinta ini menjadi salah satu ikon populer di Pulau Tidung yang disukai oleh para wisatawan.

Jembatan cinta membentang di atas perairan Pulau Tidung menghubungkan kedua pulau dengan panjang kurang lebih 800 meter. Didirikan pada tahun 2005, jembatan ini populer hingga saat ini dan menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu saat pagi dan sore hari di Pulau Tidung.

Sebenarnya jembatan ini dibangun di atas batuan karang dangkal yang kokoh. Para pengunjung bisa menikmati keindahan lautan dengan melintasi jembatan. Bahkan spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset ketika senja tiba.

Anak kecil yang tinggal di lokasi tersebut menjadikan jembatan cinta ini sebagai sarana untuk atraksi loncat indah. Jika para pengunjung ingin mencoba bergabung bersama mereka juga diperbolehkan selama bisa berenang dengan baik di pantai lepas.

2. Acara Tidung Festival

Keunikan lainnya dari Pulau Tidung yaitu karena adanya acara festival yang membuat wisata ini menjadi semakin populer. Sebenarnya Tidung festival ini sudah ada sejak 2012 dan biasanya diadakan di lokasi tepi pantai Pulau Tidung besar.

Jadi tidak hanya mengangkat keindahan alam saja sama tetapi wisata Pulau Tidung ini juga mengangkat keindahan budaya Indonesia. Pasalnya, pada festival yang diadakan tersebut terdapat pertunjukan berbagai tarian tradisional di Indonesia. Tidak heran jika Tidung festival menjadi salah satu moment yang unik bagi para pengunjung.

Para pengunjung juga boleh mengambil gambar dari festival Tidung tersebut. Melalui festival ini diharapkan kebudayaan Indonesia tetap dapat dilestarikan dengan baik. Acara ini juga sebagai ajang untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada para wisatawan.

3. Wisata Pulau Tidung Kecil

Seperti yang telah diketahui bahwa ada 2 Pulau Tidung disini, yaitu Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Uniknya dari Pulau Tidung kecil yaitu sebagai tempat konservasi untuk mengembangbiakkan mangrove. Selain melestarikan kebudayaan pada festival Tidung, Pulau Tidung juga menjadi tempat untuk melestarikan dan tumbuhan seperti mangrove.

Jika ingin menikmati keindahan Pulau Tidung kecil maka para pengunjung bisa bersepeda menelusuri jalan setapak yang telah tersedia. Apalagi jika datang pada sore hari yang sejuk sembari menikmati keindahan matahari terbenam.

Pulau Tidung kecil sangat unik karena asri dipenuhi dengan tumbuhan ilalang dan mangrove di area pantai yang cukup sepi. Apalagi pasir pantai di Pulau Tidung kecil merupakan pasir putih yang menambah keindahan saat menjelajahi pulau kecil ini. Pilih paket wisata Pulau Tidung sehingga menjelajahi tempat wisata semakin seru.

Selain sebagai lokasi pelestarian alam Pulau Tidung kecil juga menjadi salah satu objek penelitian dan alternatif wisata. Di beberapa momen tertentu biasanya para wisatawan ikut serta membantu menanam pohon mangrove.

4. Keindahan Pantai Saung Perawan

Jika penat dengan hiruk pikuk kota yang sangat ramai, maka bisa mengunjungi Pantai Saung Perawan di Pulau Tidung. Pantai ini sangat indah karena terdapat hamparan pasir putih yang dilengkapi dengan pepohonan rindang di area pantai. Hal ini tentunya memberikan sensasi nyaman dan sejuk bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Untuk menyusuri pantai, para pengunjung bisa berjalan kaki atau bersepeda. Udara segar bisa dinikmati di sepanjang pantai karena pantai ini benar-benar terbebas dari polusi dan pencemaran lingkungan.

Usahakan para wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan pantai untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian maka keasrian pantai ini akan tetap terjaga.

5. Wisata Kuliner Seafood

Salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Tidung yaitu karena tersedia berbagai macam kuliner yang lezat. Karena pulau ini dikelilingi oleh perairan, maka banyak sekali kuliner seafood yang dapat dinikmati. Masih ada sebagian penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan untuk mencari ikan dan berbagai tangkapan laut lainnya.

Disebut sebagai salah satu surga seafood, Pulau Tidung menyediakan berbagai restoran atau tempat makan yang murah meriah. Dengan sajian kuliner yang nikmat, Pulau Tidung menjadi lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Adapun berbagai pilihan menu makanan laut yang tersedia di sini antara lain adalah ikan, cumi-cumi, udang, kepiting, kerang, dan lain sebagainya. Dijamin liburan akan terasa lebih lengkap dengan mengunjungi Pulau Tidung dan menikmati kuliner yang ada di sana.

Demikianlah informasi paket wisata Pulau Tidung yang bisa didapatkan. Ketika waktu liburan tiba, Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk membawa teman, keluarga, atau pasangan supaya wisata di pulau ini semakin seru.

(OC/2022)

4.7/5 - (4 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *