Spot Wisata Pulau Bira di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu menawarkan banyak pilihan pulau destinasi wisata alam yang memiliki keindahan memukau. Kebanyakan pulau di Kepulauan Seribu memiliki pantai yang bersih dan spot wisata keren. Salah satunya adalah spot wisata Pulau Bira.

Pulau Bira merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu yang terbagi menjadi dua pulau yaitu Pulau Bira Besar dan Kecil. Kedua pulau tersebut memiliki keindahan pantai dan alam yang bakalan memanjakanmu saat berlibur.

Destinasi wisata Pulau Bira memang memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada saat weekend, Pulau Bira selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Dulu sebelum reformasi yang terjadi pada tahun 1998, Pulau Bira merupakan pulau pribadi milik mantan Presiden RI ke 2 yaitu Soeharto. Kini Pulau Bira dikelola oleh perusahaan BUMN dan terus mengalami perbaikan dari segi fasilitas dan pelayanan. Pulau Bira merupakan pulau yang memiliki luas sekitar 14 hektar.

Spot Wisata di Pulau Bira

Apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Bira? Spot wisata Pulau Bira menawarkan wisata pemandangan alam dan pantai yang memiliki air laut sangat jernih berwarna biru. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika berlibur di Pulau Bira yang di antaranya:

  • Bersantai menikmati keindahan pantai

Tujuan utama dari berlibur adalah untuk menjernihkan pikiran setelah melakukan rutinitas sehari-hari seperti contohnya bekerja. Berlibur dengan menikmati keindahan alam akan menenangkan pikiran dan membuat Anda lebih fresh.

Pantai Pulau Bira dijadikan tempat untuk bersantai melepas penat dari rutinitas harian. Anda bisa menikmati udara segar sambil menikmati keindahan yang ada.

Selain itu, Anda juga bisa bermain pasir atau berjalan-jalan di pinggir pantai sembari menanti sunset yang menawan.

  • Berfoto bersama pasangan

Pulau Bira yang menawarkan keindahan pantai dengan air berwarna biru bisa menjadi tempat untuk berfoto bersama pasangan. Bagi yang akan menikah, pantai Pulau Bira juga bisa dipilih sebagai tempat foto pre wedding.

Baca juga: Pulau Bira Kepulauan Seribu, Tempat Favorit Pecinta Snorkeling

Pantai memang menjadi salah satu tempat untuk melakukan sesi foto pre wedding. Alasannya karena Anda bisa mengambil foto bersama pasangan dengan berbagai model yang diinginkan.

Anda bisa berfoto sambil bermain pasir, bermain air laut yang berwarna biru dan juga bisa berfoto ketika matahari terbit ataupun tenggelam. Namun waktu yang paling pas agar bisa mendapatkan foto keren bisa dilakukan di pagi hari.

  • Berkemah di pantai

Selain bersantai dan berfoto di pantai, spot wisata Pulau Bira juga bisa dijadikan tempat untuk berkemah khususnya Anda yang suka berkemah di alam. Sensasi mendirikan tenda atau kemah di pantai tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan berkemah di gunung.

Pada malam hari, Anda bisa menikmati suasana malam sambil mendengarkan suara ombak laut. Suara alam dari ombak laut bisa membuat pikiran Anda lebih tenang dan nyaman.

Anda perlu membawa perlengkapan kemah seperti tenda, alat penerangan dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan saat kemah sehingga liburan akan lebih menyenangkan.

Pada saat malam hari, Anda juga bisa melakukan pesta BBQ untuk membuat suasana lebih menyenangkan. Anda bisa membawa ikan atau daging dari rumah untuk keperluan pesta BBQ.

Jika Anda ingin bermalam akan tetapi tidak dengan mendirikan tenda atau berkemah, bisa juga menginap di bungalow yang tersedia di Pulau Bira. Biaya menginap per malam di Pulau Bira juga bervariatif, tergantung dari bungalow dan fasilitas.

Tips Menikmati Liburan di Pantai Pulau Bira

Spot wisata Pulau Bira memang memiliki keunggulan karena memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Kondisi pantai yang bersih dan air laut yang jernih berwarna biru akan membuat liburanmu terasa menyenangkan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di pantai Pulau Bira, yang di antaranya:

  • Berenang di laut

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa air laut di pantai Pulau Bira sangat jernih sehingga akan cocok untuk berenang. Ombak di Pantai Bira juga tidak terlalu tinggi, sehingga aman untuk berenang. Tetapi perlu juga mengedepankan sisi keselamatan seperti mengenakan pelampung.

Baca juga: Mengunjungi Wisata Pulau Harapan Yang Elok

Tetapi Anda harus tetap memperhatikan keselamatan saat berenang di pantai dengan menggunakan peralatan yang ditentukan. Berenang di pantai bisa dilakukan pada waktu pagi hari ketika suasana tidak terlalu panas.

  • Snorkeling

Selain berenang, Anda juga bisa melakukan snorkeling. Pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Pulau ini juga mendapat julukan sebagai surganya Kepulauan Seribu.

Laut pantai Pulau Bira memiliki kekayaan dan keanekaragaman biota laut yang hidup di antara terumbu karang yang bisa Anda nikmati keindahannya dengan snorkeling. Peralatan yang digunakan untuk snorkeling juga disediakan, jadi Anda bisa menyewa dengan harga yang terjangkau.

Akan tetapi Anda perlu berhati-hati ketika sedang snorkeling, karena di sana juga ada banyak bulu babi dan hewan laut lain yang bisa membahayakan. Usahakan jangan menyentuh atau menginjak biota laut yang ada.

  • Diving

Pulau Bira juga menyediakan fasilitas diving untuk menikmati keindahan bawah laut yang lebih dalam lagi. Namun untuk melakukan diving tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Anda harus mengetahui dasar-dasar dalam melakukan diving.

  • Mancing

Bagi yang memiliki hobi mancing, Anda bisa melakukannya di pantai Pulau Bira yang terkenal banyak ikan. Spot wisata Pulau Bira cocok untuk melakukan kegiatan ini.

Akses dan Biaya Perjalanan ke Pulau Bira

Jika ingin berlibur ke Pulau Bira di Kepulauan Seribu, bisa dilakukan dengan perjalanan laut. Anda bisa mencapai Pulau Bira dari dermaga Marina Ancol atau bisa juga lewat Muara Angke tentunya dengan tujuan pulau harapan. Lebih enak lagi jika berangkat memakai paket wisata Pulau Harapan dan booking paketnya di agen travel seperti Dinowisata.

Perjalanan dari dermaga marina menuju Pulau Harapan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan. Anda juga bisa menggunakan transportasi kapal fery kayu dari pelabuhan kali adem muara angke, namu perjalan lebih memakan waktu untuk sampai tujuan.

Pulau Bira bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata buat Anda yang menyukai wisata alam. Anda akan menemukan pengalaman baru dan menikmati keindahan pantai yang bisa membuat liburan menjadi menyenangkan.

Bagi wisatawan lokal, biaya untuk dapat menikmati spot wisata Pulau Bira bisa dikatakan sangatlah terjangkau. Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan lain yang dibutuhkan selama berlibur di Pulau Bira. Kalau tidak mau ribet, bisa menggunakan paket wisata Pulau Harapan yang ditawarkan travel agent Dinowisata.

(OC/2022)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *