Pulau Bira Kepulauan Seribu, Tempat Favorit Pecinta Snorkeling

Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur. Terletak di utara DKI Jakarta, Kepulauan Seribu menawarkan wisata pantai yang banyak diminati wisatawan domestik dan juga mancanegara. Salah satu destinasi wisata yaitu Pulau Bira Kepulauan Seribu.

Sejarah Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah DKI Jakarta. Sebelumnya, Kepulauan Seribu merupakan sebuah kecamatan di Kota Jakarta Utara hingga akhirnya berubah menjadi kabupaten. Pusat pemerintahan dari Kepulauan seribu adalah Pulau Pramuka.

Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki lebih dari 110 pulau dengan jumlah penduduk lebih dari 29 ribu orang yang tersebar di beberapa pulau seperti Pulau Untung Jawa, Pari, Tidung, Lancang Besar, Pramuka, Harapan, Kelapa dan lain sebagainya.

Kepulauan Seribu memiliki beberapa destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau-pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan di antaranya adalah Pulau Bidadari lalu Pulau Tidung kemudian Pulau Pramuka hingga Pulau Ayer, Onrust, Pari, Bira dan masih ada pulau lain yang juga cukup terkenal.

Mengenal Pulau Bira

Pulau Bira Kepulauan Seribu, salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu yang memiliki daya tarik tersendiri. Pulau ini memiliki dua bagian yang Pulau Bira Besar dan Kecil yang memiliki luas sekitar 14 hektar.

Letak kedua pulau ini berdekatan dan sama-sama memiliki pemandangan pantai yang sangat indah dan menawan. Pulau Bira sebelumnya merupakan pulau pribadi mantan Presiden Soeharto yang merupakan presiden ke 2 RI.

Kemudian pada tahun 1998 saat terjadi reformasi, Pulau Bira akhirnya diserahkan ke salah satu perusahaan BUMN. Pulau ini mendapatkan perhatian khusus dan terus dikembangkan hingga kini menjadi salah satu tempat wisata favorit, khususnya wisatawan yang berasal dari Jakarta.

Air laut di Pulau Bira memiliki perpaduan warna biru tua dan muda yang terlihat sangat jernih dan cantik. Selain itu, suasana pulau juga sangat asri karena banyak pepohonan yang tumbuh.

Baca juga: Berkunjung ke Pulau Seribu, Pulau dengan Seribu Keindahan

Pulau Bira Besar dan Kecil merupakan pulau yang berdekatan dan bisa diakses dengan menggunakan sebuah perahu atau kapal. Kadang wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Bira, lebih sering mengunjungi kedua pulau sekaligus karena lokasi yang berdekatan.

Berwisata ke Pulau Bira

Berlibur ke Pulau Bira Kepulauan Seribu bisa menjadi salah satu pilihan terbaik buat Anda yang suka wisata pantai. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin berlibur ke Pulau Bira yang di antaranya:

  • Berenang di pantai

Pulau Bira memiliki air laut yang sangat jernih sehingga cocok sebagai tempat untuk berenang. Selain itu, ombak di pantai Bira juga tidak terlalu tinggi, sehingga aman untuk berenang. Tetapi perlu juga mengedepankan sisi keselamatan seperti mengenakan pelampung.

Namun walaupun aman, Anda harus tetap memperhatikan keselamatan saat berenang di pantai dengan menggunakan peralatan yang ditentukan. Waktu yang pas buat berenang di Pantai Bira adalah pagi hari dan hindari berenang pada saat sore menjelang malam.

  • Snorkeling

Pulau Bira yang memiliki air sangat jernih, cocok buat Anda yang ingin snorkeling. Pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. Pulau ini juga mendapat julukan sebagai surganya Kepulauan Seribu.

Banyak biota laut yang hidup di antara terumbu karang yang bisa Anda nikmati keindahannya dengan snorkeling. Peralatan yang digunakan untuk snorkeling juga disediakan, jadi Anda bisa menyewa dengan harga yang terjangkau.

Namun Anda perlu berhati-hati ketika sedang berenang, karena di sana juga ada banyak bulu babi yang dapat membahayakan Anda.

  • Diving

Bagi yang belum puas dengan snorkeling, bisa juga melakukan diving di Pulau Bira untuk menikmati keindahan bawah laut yang lebih dalam. Namun untuk melakukan diving tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Anda harus mengetahui dasar-dasar dalam melakukan diving agar lebih aman.

Peralatan untuk diving tersedia di pulau ini, jadi Anda bisa menyewa langsung untuk melakukan diving. Biaya sewa peralatan diving yang disediakan juga relatif terjangkau.

  • Mancing

Selain berenang dan menikmati keindahan bawah laut yang ditawarkan Pulau Bira, Anda juga bisa memancing ikan di pantai bagi Anda yang suka mancing. Perairan di Pulau Bira memiliki banyak ikan dan bisa menjadi salah satu pilihan spot mancing.

Bagi wisatawan yang tidak mau repot membawa peralatan pancing dari rumah, bisa menyewa peralatan pancing yang tersedia di Pulau Bira. Biaya sewa peralatan pancing relatif terjangkau.

  • Pesta BBQ

Salah satu hal yang mengasyikkan ketika berwisata ke pantai atau sebuah pulau adalah pesta BBQ dengan membakar ikan hasil dari memancing. Anda juga bisa membawa ikan atau daging dari rumah.

Akses Menuju Pulau Bira

Bagi Anda yang ingin liburan ke Pulau Bira Kepulauan Seribu, bisa dijangkau lewat dermaga Pantai Marina Ancol atau lewat Muara Angke. Dari dermaga kemudian naik kapal yang menuju Pulau Harapan.

Jika ingin lebih cepat sampai ke Pulau Harapan, bisa menggunakan speed boat dari marina ancol. Namun jika ingin ongkos terjangkau bisa menggunakan kapal fery kayu dari pelabuhan muara angke. Lebih enak lagi jika pergi menggunakan jasa paket wisata pulau harapan via travel agen.

Baca juga: Wisata Pulau Harapan, Apa Saja yang Bisa Anda Lakukan Disana?

Biaya Perjalanan ke Pulau Bira

Hal yang menarik ketika berwisata ke Pulau Bira adalah dengan melakukan pemesanan paket wisata pulau harapan. Nantinya wisatawan akan diajak island hopping mengunjungi pulau bira dan pulau-pulau lainnya.

Wisatawan bisa memilih paket wisata dengan keberangkatan menggunakan speedboat maupun kapal tradisional fery kayu. Untuk yang tidak mau berlama-lama di perjalanan bisa memilih paket wisata via marina ancol. Biaya paket wisata akan lebih murah jika Anda pergi berlibur secara berkelompok.

Pulau Bira Kepulauan Seribu bisa Anda nikmati keindahan pantainya dengan membooking paket wisata pulau harapan.

Lakukan reservasi sebelum pergi ke Pulau Harapan, agar liburan Anda bisa berjalan dengan lancar. Reservasi di awal diperlukan untuk memastikan dapat tempat menginap. Jika tidak melakukan reservasi dan ternyata penginapan-penginapan yang ada penuh tentu akan mengganggu liburanmu.

Anda bisa mencari informasi paket wisata lewat mesin pencari Google. Pilihlah agen yang memiliki legalitas yang jelas dan tentunya terpercaya seperti Dinowisata. Referensi paket wisata bisa Anda cari lewat internet maupun orang yang sudah pernah berkunjung ke Pulau Bira.

Bagi Anda yang tidak ingin repot memikirkan alat transportasi, penginapan dan fasilitas penunjang lain yang diperlukan, bisa menggunakan jasa paket liburan ke Pulau Bira Kepulauan Seribu. Dengan menggunakan paket liburan Pulau Bira segala akomodasi liburan akan diurus oleh penyedia jasa.

(OC/2022)

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *