Wisata Pulau Pahawang Tawarkan Keindahan Bawah Laut

Wisata Pulau Pahawang merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran, Lampung. Pulau Pahawang memiliki keindahan pantai dan bawah laut yang sudah diakui oleh wisatawan lokal dan juga wisatawan nusantara.

Destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan dan juga hari libur nasional. Banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan yang ada di Pulau Pahawang.

Pulau Pahawang juga merupakan salah satu wisata andalan Lampung yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung. Fasilitas yang disediakan di tempat wisata juga lengkap sehingga wisatawan akan dipermudahkan ketika sedang berlibur.

Mengenal Pulau Pahawang

Wisata Pulau Pahawang menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi karena memiliki banyak kelebihan seperti:

  • Penginapan unik di atas laut

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, tentu sudah tidak asing dengan Maldives yang merupakan salah satu destinasi wisata dunia yang sangat terkenal. Maldives atau Maladewa terkenal dengan wisata pantai yang sangat indah dan bersih.

Di sana tersedia penginapan yang berada di atas permukaan air laut yang membuat sensasi menginap terasa lebih menyenangkan. Penginapan di atas laut menjadi salah satu ikon dari Maldives.

Namun untuk berlibur ke Maldives membutuhkan biaya yang terbilang cukup mahal karena lokasi negara Maladewa jauh dari Indonesia. Anda memerlukan biaya perjalanan naik pesawat yang tidaklah murah.

Pulau Pahawang bisa menjadi salah satu alternatif buat Anda yang ingin merasakan sensasi liburan seperti di Maldives. Objek wisata di Pulau Pahawang juga menyediakan penginapan di atas air laut.

Bukan hanya itu saja, pantai Pulau Pahawang juga sangat bersih dan memiliki keindahan bawah laut yang tak jauh berbeda dengan Maldives. Biaya perjalanan juga lebih ekonomis, karena letak Pulau Pahawang yang tidak terlalu jauh dari Jakarta.

  • Keindahan bawah laut

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Pulau Pahawang adalah keindahan bawah laut yang sangat memukau. Banyak biota laut yang hidup di antara terumbu karang yang bisa Anda nikmati ketiak berlibur ke sana.

Baca juga: Berkunjung ke Pulau Seribu, Pulau dengan Seribu Keindahan

Pulau Pahawang juga terkenal memiliki banyak jenis ikan badut atau clownfish. Bagi yang pernah menonton film Finding Nemo tentu akan tahu seperti apa bentuk dari ikan badut.

Anda bisa menemukan beberapa jenis ikan badut sekaligus jika bersnorkeling di Pulau Pahawang. Jika melakukan snorkeling di Pulau Pahawang, Anda akan menemukan keindahan bawah laut yang sangat memukau, terumbu karang yang sangat bagus dan melihat banyak ikan kecil yang beraneka ragam.

  • Hutan mangrove yang memukau

Ketika masuk kawasan wisata Pulau Pahawang, Anda akan melihat pemandangan hutan mangrove yang memukau. Hutan itu merupakan salah satu yang membuat ekosistem laut terjaga dengan baik.

Peraturan yang ada di Pahawang membuat hutan mangrove bisa terjaga dengan baik. Peraturan di sana akan menghukum orang yang merusak tatanan hutan mangrove.

  • Pasir putih yang indah

Pantai Pulau Pahawang memiliki pasir berwarna putih yang bisa dinikmati ketika sedang berlibur di sana. Anda bisa bermain pasir putih yang lembut yang sudah pasti akan menyenangkan.

Namun perlu diingat, menjaga kebersihan pantai wajib dilakukan ketika berwisata agar keindahan tetap terjaga. Jangan membuang sampah sembarangan di area pantai.

Akses Wisata ke Pulau Pahawang

Pulau Pahawang terletak di desa Pahawang, kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran Lampung. Jarak antara wisata Pulau Pahawang dengan Bandar Lampung tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan yang meliputi jalur darat dan laut.

Berikut rute akses menuju Pulau Pahawang dari berbagai lokasi awal yang meliputi:

  • Pelabuhan Bakauheni

Bagi Anda yang memulai dari Pelabuhan Bakauheni gunakan bus yang menuju terminal Rajabasa yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Kemudian naik angkutan umum menuju Pasar Bawah Ramayana dengan estimasi perjalanan sekitar 30 menit.

Setelah itu, naik angkutan umum Tanjung Karang Teluk Betung menuju gudang garam. Kemudian naik pick up menuju dermaga Ketapang yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Dari dermaga, naik kapal menuju Pulau Pahawang yang membutuhkan waktu antara 20 sampai 30 menit.

  • Bandar Lampung

Bagi warga Bandar Lampung bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju Pulau Pahawang. Tujuan pertama adalah dermaga Ketapang yang bisa ditempuh sekitar 40 hingga 60 menit lamanya. Dari dermaga kemudian naik kapal menuju Pulau Pahawang.

Baca juga: Tempat Wisata Pulau Seribu Cocok Buat Snorkeling

  • Bandara Raden Intan

Untuk wisatawan yang akan berlibur ke Pulau Pahawang dari Bandara Raden Intan bisa dilakukan dengan melewati jalur lintas Sumatera yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Kemudian pilih jalan Raya Way Ratai dan menuju ke dermaga Ketapang. Dari dermaga naik kapal menuju Pulau Pahawang.

Biaya Wisata ke Pulau Pahawang

Biaya masuk ke wisata Pulau Pahawang adalah gratis. Jadi biaya yang perlu dikeluarkan adalah biaya transportasi. Selain biaya transportasi juga ada biaya sewa beberapa wahana yang tersedia di sana.

Berikut detail biaya yang perlu dikeluarkan untuk berlibur ke Pulau Pahawang.

  • Naik kapal dari dermaga Ketapang menuju Pulau Pahawang dengan biaya Rp 30.000.
  • Snorkeling atau diving sekitar Rp 50.000.
  • Banana boat sekitar Rp 30.000.
  • Sewa sepeda sekitar Rp 15.000 per jam.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Pahawang

Keunggulan yang ditawarkan dari Pulau Pahawang adalah keindahan pantai dan bawah laut. Jadi aktivitas utama yang bisa dilakukan sudah pasti akan berhubungan dengan laut yang meliputi:

  • Snorkeling atau Diving

Pulau Pahawang bisa menjadi salah satu destinasi menarik untuk snorkeling atau diving selain Pulau Seribu. Anda akan menemukan keindahan bawah laut yang memukau dan juga banyak biota laut yang hidup di antara terumbu karang.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, laut Pulau Pahawang terdapat berbagai jenis ikan Nemo. Anda bisa menjumpai langsung jika melakukan snorkeling atau diving. Salah satu yang sering muncul adalah ikan Nemo yang berwarna orange putih.

  • Bersepeda keliling pulau

Anda juga bisa menikmati keindahan Pulau Pahawang dengan bersepeda. Di sana tersedia penyewaan sepeda dengan biaya sewa sekitar Rp 15.000 per jam.

  • Mengunjungi pulau kecil

Terdapat beberapa pulau kecil yang lokasinya dekat dengan Pulau Pahawang seperti Pulau Kelagian Besar dan Tanjung Putus. Kedua pulau tersebut juga memiliki keindahan pemandangan indah yang bisa Anda kunjungi.

Pulau tersebut masih alami dan memiliki pasir putih seperti di wisata Pulau Pahawang dan bagi Anda yang suka tempat sepi, kedua pulau itu bisa menjadi pilihan yang pas. Pulau Kelagian Besar dan Tanjung Putus tidak terlalu ramai pengunjung sehingga keadaan pulau lebih tenang dan nyaman. Nah, bagi yang ingin liburan ke Pulau Pahawang tanpa ribet bisa memilih paket tour Pulau Pahawang. Jika ingin berlibur yang tidak jauh dari jakarta, Anda dapat memilih paket wisata Pulau Seribu.

(OC/2022)

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *