10 Rekomendasi Kuliner dan Penginapan Pulau Tidung

Banyak orang memilih wisata Pulau Tidung untuk liburan karena keindahan alamnya. Selain itu, fasilitas yang lengkap seperti tempat makan dan penginapan juga menjadi tambahan daya tariknya.

Dengan fasilitas yang memadai membuat Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi wisata yang nyaman, cocok juga untuk liburan keluarga. Sebagai tambahan referensi, simak dulu rekomendasi wisata kuliner dan penginapan di Pulau Tidung berikut ini.

Wisata Kuliner Pulau Tidung

Selain melihat pemandangan yang cantik, jangan lewatkan juga wisata kuliner saat kamu berlibur di kawasan Kepulauan Seribu ini. Beragam kuliner dan jajanan khas Pulau Tidung yang bisa membuat kamu ketagihan.

Hidangan Laut Segar

Ketika liburan di Pulau Tidung memang paling wajib mencicipi hidangan lautnya. Berbagai olahan seafood segar di tempat ini memiliki cita rasa tersendiri. Semua bahan-bahannya diambil langsung dari laut sehingga rasanya lebih manis dan juicy.

Beberapa olahan makanan laut yang bisa dicoba antara lain ikan, cumi-cumi, kerang, udang, kepiting, dan masih banyak lagi. Kamu bebas pilih makanan, baik yang digoreng, dibakar, atau dimasak dengan bumbu khas Pulau Tidung.

Wisatawan dapat menikmati berbagai kuliner Pulau Tidung ini di warung makan atau di tepi pantai. Paling nikmat dimasak dengan bumbu barbeque dan kamu bisa bakar-bakar ikannya sendiri.

Otak-Otak

Selanjutnya, ada otak-otak yang dimasak menggunakan bumbu asli Pulau Tidung. Masyarakat di sini menggunakan ikan tenggiri segar yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.

Dimasak dengan cara dikukus selama beberapa menit hingga matang. Otak-otak dapat menjadi lauk pendamping nasi hangat. Jika terlalu kenyang, bisa cicipi makanan ini sebagai camilan.

Jangan lupa pesan minuman segar untuk menemani santap siang kamu. Bisa pilih es degan yang segar dan manis. Harganya pun cukup terjangkau sehingga tidak perlu khawatir menguras kantong.

Kerupuk Ikan

Buat kamu yang hobi jajan, jangan lupa beli kerupuk ikan saat menikmati wisata Pulau Tidung. Tempatnya yang dekat dengan laut sudah pasti memiliki hasil laut yang cukup melimpah. Selain dibakar dan digoreng, ikan-ikan hasil tangkapan nelayan juga diolah menjadi kerupuk.

Baca juga: 7 Persiapan Penting Sebelum Berwisata ke Pulau Tidung

Beberapa masyarakat lokal membuat olahan kerupuk ikan ini yang dikemas dalam berbagai pilihan rasa dan ukuran. Kamu bisa menikmati kerupuk ikan khas Pulau Tidung biar liburan kamu lebih kriuk-kriuk.

Kemasan praktis sehingga mudah di bawa kemana-mana. Kamu juga bisa borong kerupuk ikan di sini untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya ramah di kantong, jadi bisa beli banyak ya!

Keripik Sukun

Puas menikmati keindahan Pulau Tidung, lanjut dengan jalan-jalan ke tempat makan atau warung di sekitar pantai. Ada camilan enak yang wajib kamu coba yaitu keripik sukun. Makanan ringan ini menjadi salah satu produk lokal yang menjadi usaha rumahan penduduk di Pulau Tidung.

Buah sukun mirip seperti buah nangka tetapi dengan daging buah di dalamnya berwarna putih dan tidak memiliki biji. Jika digoreng, tekstur buah ini empuk sehingga sering disebut juga sebagai buah roti.

Keripik sukun menjadi salah satu oleh-oleh khas wisata Pulau Tidung selain kerupuk ikan. Rasanya manis dan gurih, keripik sukun bisa jadi camilan untuk menemani kamu beraktivitas.

Blibar Manggis

Meski namanya Blibar Manggis, tetapi jajanan khas Pulau Tidung ini sama sekali tidak menggunakan buah manggis. Blibar Manggis adalah sejenis kue yang terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa.

Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang empuk. Kue beras ketan ini disajikan dengan air gula merah. Tanpa menggunakan pemanis buatan sehingga tidak akan membuat kamu cepat haus.

Clorot

Puaskan jiwa jajan kamu dengan menikmati semua makanan lezat di Pulau Tidung. Salah satunya adalah clorot yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa. Adonan clorot kemudian dibalut dengan daun kelapa muda yang dibuat semakin melebar di bagian atasnya.

Jika kamu tidak bisa makan Blibar Manggis karena kandungan ketan, Clorot bisa jadi penggantinya. Makanan ini memiliki rasa yang hampir serupa, hanya saja Clorot lebih lembut karena tidak ada campuran kelapa.

Rekomendasi Penginapan Pulau Tidung

Ada banyak kan makanan yang bisa kamu cicipi di Pulau Tidung. Soal penginapan juga tersedia cukup banyak pilihan. Berikut rekomendasi penginapan di Pulau Tidung dan fasilitasnya.

1. Pondok Nyiur

Dari sekian banyak penginapan di tempat wisata Pulau Tidung, Pondok Nyiur menjadi salah satu penginapan yang paling recommended. Penginapan ini merupakan salah satu fasilitas resor yang ada di kawasan wisata Kepulauan Seribu.

Jika kamu memiliki budget untuk menikmati wisata Pulau Tidung, bisa menjajal menginap di Pondok Nyiur dengan view keren dan fasilitas yang nyaman. Karena posisi penginapan Ponduk Nyiur berada langsung di pinggir pantai.

Baca juga: 10 Aktivitas Wajib Saat Berwisata ke Pulau Tidung

Pondok Nyiur memiliki fasilitas gazebo yang cukup luas di area depan penginapan, bisa digunakan untuk kegiatan kumpul-kumpul saat acara malam khususnya pada saat barbeque time.

Selain memiliki view yang oke, hampir setiap sudut dari penginapan ini terlihat estetik dan instagramable. Cocok untuk kamu yang mencari penginapan dengan view terbaik saat liburan.

2. Tidung Nirwana Cottage

Tidung Nirwana Cottage dibangun di pinggir pantai sehingga memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Penginapan ini memiliki akses ke jalan tanggul diatas air sekaligus bisa melihat sunset dari pinggir pantai penginapan.

Selain bisa hunting sunset secara langsung dari depan penginapan, kamu bisa berjalan-jalan di area tanggul atas air ketika sore dan pagi hari. Penginapan ini cocok buat pasangan honeymoon atau kamu yang ingin menginap bersama teman. Fasilitas Nirwana Cottage yang oke menjadikan tempat ini paling direkomendasikan bagi wisatawan yang mencari penginapan dengan fasilitas lengkap.

Kamu bisa pilih tipe kamar standar, VIP, atau family sesuai kebutuhan. Penginapan ini memiliki setidaknya 12 kamar dengan fasilitas seperti saung santai, karaoke, dan ruang terbuka.

Sementara itu, untuk fasilitas yang disediakan di setiap kamar termasuk AC, TV LCD, dan kamar mandi dengan closet duduk.

3. Grand Lagoon

Nah, bagi wisatawan yang membawa anak atau anggota keluarga bisa memilih penginapan seperti Grand Lagoon. Penginapan ini berada di barat pulau tidung, dan kamu bisa menikmati pemandangan laut seperti penginapan Pondok Nyiur dan Nirwana Cottage.

Grand Lagoon merupakan salah satu penginapan Pulau Tidung yang dikelola oleh Tidung Lagoon. Jika berminat menginap di Grand Lagoon, kamu bisa menghubungi langsung pihak mereka sebagai pengelola.

Resor ini bisa jadi pilihan bagi wisatawan yang mencari penginapan nyaman dengan fasilitas lengkap. Fasilitas seperti LED TV, dapur, dan lain-lain disediakan untuk para tamu.

4. Homestay Pinggir Pantai

Buat kamu yang membutuhkan penginapan murah Pulau Tidung, ada banyak homestay-homestay pinggir pantai yang bisa dipertimbangkan. Homestay tersebut juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, hanya saja masuk dalam kategori standar.

Jika ingin upgrade penginapan dengan fasilitas yang lebih baik lagi saat menikmati wisata Pulau Tidung, seperti Pondok Nyiur, Nirwana Cottage dan Grand Lagoon, maka kamu harus menyiapkan budget khusus krna harga penginapan tersebut lebih mahal dari homestay biasa.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner hingga penginapan yang tersedia di wisata Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Rencanakan liburan kamu dengan matang agar bisa menikmati waktu di tempat wisata dengan maksimal.

(OC/2023)

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *